Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Hunting Kamera Analog ala Rahmat Baskara

Zetizen Zetizen 31 Aug 2016
Tips Hunting Kamera Analog ala Rahmat Baskara

Zetizen.com – Beda dengan kamera digital, hunting kamera analog itu bisa dibilang cukup tricky. Soalnya, selain hampir segala jenis film dan parts nya udah nggak diproduksi lagi, kameranya pun cuma bisa ditemukan dalam kondisi bekas.

Nah, biar kamu nggak bingung, kali ini Rahmat Baskara, salah satu penggiat kamera analog di Surabaya yang juga tergabung dalam komunitas kamera analog Kokangsaja bakal berbagai tips hunting kamera analog. Penasaran? Read on, Guys! (aw)

 

Check the Mechanic

Karena kamera analog masih menggunakan mekanisme manual, biasanya kamera analog bakalan berumur panjang. Tapi, seawet apapun mekanismenya, kalau umurnya sudah tua dan nggak terawat, mekanismenya tetap bakal rusak. 

“Untuk itu apabila mau membeli kamera analog coba cek apakah shutter speednya cocok dan gak macet. Selain itu cek juga apakah film advancenya lancar," jelas Rahmat Baskara. Biar aman, coba tes kamera yang akan kamu beli dengan berbagai settingan shutter dan pastikan kokangan filmnya lancar.

 

Foto dengan kamera Pentax K1000 (foto: Bobby Leksono)

 

Check the lenses

Sama kayak lensa kamera digital, lensa kamera analog juga gak lepas dari masalah fog dan jamur. Jadinya sebelum memutuskan untuk membeli kamera analog idamanmu, pastikan lensanya bersih dari jamur dan fog. Memang sih, bakalan lebih ribet dari mengecek kebersihan lensa kamera digital karena hasil foto analog ini nggak bisa langsung jadi. Tapi, ini jadi poin utama kalau kamu nggak mau kecewa dengan hasil fotonya.

 

Foto dengan kamera Pentax K1000 (foto: Bobby Leksono)

 

Utamakan Cash on Delivery

Kamu harus cek langsung dan test shot pada kamera analog yang bakal kamu beli. Jadi metode pembayaran saat barang di tangan seperti COD ini paling pas. Apalagi kalo sampai harus jalan-jalan keluar kota buat bertemu dengan sang penjual kamera. Woo seru nih!

 

Recommended Type

Nah kalau udah benar-benar ingin membeli kamera analog, ada dua tipe kamera yang reccomended buat kamu coba. yakni Nikon FM10 dan Pentax K1000.

 

(foto: fotohennyhoogeveen)

Nikon FM10 bisa dibilang tipe kamera analog basic yang mudah digunakan dan bikin kamu cepat beradaptasi. Selain itu pengguna FM10 juga cukup banyak jadinya untuk urusan spare part dan perawatan bisa lebih mudah.

 

(foto: youtube)

Sementara Pentax K1000 sendiri terkenal dengan durabilitasnya yang tinggi. Jadi kamera K1000 yang kamu temui di pasaran juga rata-rata dalam kondisi baik. Selain itu kamera ini juga full mekanik dan tidak butuh baterai untuk pengoperasiannya kecuali baterai untuk light metering. Jadinya K1000 terkenal bandel dan awet untuk pengoperasian jangka panjang.  

 

So, udah siap hunting kamera analog?

RELATED ARTICLES

Please read the following article