Zetizen.com - Mengendarai mobil besar di jalanan perkotaan yang macet emang nggak enak. Selain susah bergerak, bensin boros juga jadi masalah yang nggak bisa dihindari.

Nggak heran kalau akhirnya, city car alias mobil-mobil kecil berukuran compact banyak jadi pilihan orang-orang yang harus berpergian di kota tiap harinya. Nah asyiknya, karena di desain buat jalan di jalanan kota, penampilan dan performance city car biasanya dibuat stylish dan sporty. Nah, karena di tahun ini banyak banget model baru city car yang keren-keren, apa aja sih yang bisa kamu jadiin pilihan buat berkendara?

 

Honda Jazz 

Sporty. Merupakan ciri khas dari Jazz sejak generasi pertama muncul, khususnya varian RS. Produk city car andalan Honda ini baru saja mengalami facelift tahun ini. Nah, di tahun ini, Honda Jazz baru aja dapat beberapa fitur anyar yang bikin tampilannya makin keren. Kayak peningkatan performance lampu dari projector-multi reflector dan naiknya lampu DRL ke lampu utama. Desain bumper depannya pun terlihat baru dengan tambahan ornamen chrome menambah kesan mewah dan tambah sporty

Keunggulan lainnya, di segmen city car, Jazz tergolong sebagai salah satu yang punya mesin paling bertenaga. Mobil ini menggendong mesin L15 1.500 cc 4 silinder i- VTEC dengan performa 120 PS. Kamu yang cari performa tinggi dengan bensin irit kayaknya nggak bakal kecewa sama mesin mobil yang satu ini.

Sementara dari segi interior, Honda berhasil membuat gaya desain yang bisa dibilang hampir mirip di semua jenis mobilnya. Jadi nggak heran kalau interior Honda Jazz pun terlihat sporty dan nyaman dengan aksen panel kontrol tegas dan gampang dijangkau. Ohiya, mobil ini juga punya desain Head unit yang sekilas terkesan melayang di tengah dashboard. Unik deh!

 

 

Mazda Demio (Mazda2)

Futuristik. Adalah kata yang dapat menggambarkan design dan fitur dari hatchback Mazda ini. Di negara aslinya, Jepang, mobil yang bernama asli Demio ini bahkan mendapat penghargaan Japan car of the year. Design eksterior mobil ini menganut design khas Mazda bernama Kodo Design, yang... kelihatannya mirip dengan salah satu tokoh 'Angry Bird'. Kesan sporty dan mewah juga makin lengkap berkat DRL berdesain U yang siluetnya mirip mata predator di bagian depan mobil.

Kesan futuristik tersebut ikut masuk ke design interior. Yang menjadi perhatian, adanya semacam tab touchscreen di tengah-tengah dashboard yang berfungsi sebagai navigasi dan hiburan. Kurang? Mazda menambahkan head-up display untuk menunjukkan informasi seperti RPM dan kondisi mesin lainnya. Sayangnya, tambahan itu tidak tersedia di semua tipe. Untuk sektor mesin, Mazda2 menggendong mesin SKYACTIV 1.5 yang mengeluarkan tenaga 110 PS. Fitur lainnya, Mazda 2 memiliki fitur Autonomus Braking yang dapat menghindari mobil menabrak bagian depan.

 

Suzuki Baleno

Jika mendengar nama Baleno, mungkin akan teringat mengenai produk Suzuki yang berbentuk sedan, dan di produksi pada tahun 1995 sampai tahun 2010. Setelah lima tahun 'menghilang', suzuki kembali menggunakan nama Baleno, kali ini berbentuk hatchback dengan performa tinggi dan stylish.

Seperti bahasa design mobil kekinian pada umumnya, Baleno memiliki design sporty namun juga mewah. Seperti, garis chrome di grill yang ikut ke design lampu utama, dan tambahan lampu DRL di bagian bawah lampu utama yang berbentuk lurus.

Suatu hal pasti memiliki positif negatif kan? maka mungkin ini kekurangan Baleno dibandingkan dua kompetitor sebelumnya. Absen nya head unit touchscreen mungkin mengurangi hiburan dalam kabin. Namun positifnya, Baleno memiliki fitur andalan seperti stir yang sudah tilt & telescopic, spion yang sudah elektrik, AC dengan pengaturan digital, dan headlamp manual revealing. Ada satu lagi yang biasanya hadir di mobil mobil mahal. Di bagian MID, Baleno memiliki fitur indikator torsi dan tenaga.

 

KIA Rio

Jika tiga kompetitor sebelumnya dibuat oleh manufaktur asal Jepang, maka yang satu ini berasal dari Korea Selatan. Rio, merupakan hatchback andalan KIA yang juga baru saja diperbaharui tahun ini. Jika sebelumnya memiliki desain membulat, maka Rio 2017 lebih berbentuk tegas. Selain itu, ciri khas KIA adalah desain grill berbentuk tiger nose. DRL, yang bertempat di lampu utama turut menambah kesan tegas mobil ini.

Sama seperti Baleno, Rio memiliki kelemahan di sektor hiburan, yaitu absennya fitur head unit touchscreen. Head Unit Rio sendiri berbentuk biasa, namun sudah ditemani oleh empat buah speaker dan dua buah tweeter. Jika bingung dimana letak USB dan AUX, memang tidak ada di head unit, namun berada didalam laci penyimpanan. Nah seperti yang dikatakan tadi, ada sisi negatif maka ada sisi positifnya. Rio memiliki satu fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya, yaitu sunroof. Ciamik!

Untuk urusan mesin, Rio memakai mesin D-CVVT Kappa 1.400cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 100 PS.

 

Toyota Yaris

Terakhir, hatchback andalan Toyota. Yap, dia adalah Yaris (Vitz). Desain nya jelas terlihat tegas dan sporty. Jika ingin varian yang lebih sporty lagi, maka Yaris TRD bisa menjadi pilihan. Tambahan sekumpulan paket body kit akan 'meramaikan' Yaris. DRL di bumper bawah menambah nilai sporty tersebut. Pada awal awal diluncurkan, Yaris ini mendapat julukan yaitu 'Yaris lele'. Itu karena garis hitam di bumper depan yang menyerupai 'kumis' lele. Namun tetap saja, terlihat keren. 

Interior Yaris seakan akan menunjukkan bahwa Yaris adalah mobil yang 'limitless fun'. Head unit touchscreen yang dapat terhubung dengan internet, dapat menyajikan hiburan dan juga navigasi seperti maps. Lalu, tepat dibawah head unit terdapat layar bulat untuk menemani AC digital. 

Toyota mengatakan bahwa mereka menyematkan suspensi baru untuk mendukung manuver Yaris 2017 yang lebih fun to drive. Di sisi mesin, Yaris menggunakan mesin 1 NZ-FE 1.500cc VVT-1, yang mengeluarkan tenaga 109 PS.

 

Itulah referensi 5 mobil city car yang layak dipertimbangkan. Jadi, pilih yang mana?

 

Editor: Bogiva

 

 

Share
Create Your Own Article!