Menerbitkan buku online

Foto: Pixabay

 

Zetizen.com - Seorang penulis pasti senang kalau karyanya bisa dibaca dan diapresiasi banyak orang. Sayangnya, menunggu karya tulis kita diterbitkan sampai ke tangan pembaca itu kadang lama dan prosesnya cukup sulit. Eits, sebenarnya kamu bisa lho menerbitkan buku sendiri di platform-platform online. Platform apa sajakah itu?

Wattpad

Siapa yang nggak kenal platform penerbitan buku online ini? Nggak cuma dikenal di Indonesia, Wattpad juga digunakan oleh penulis di seluruh dunia. Seperti benar-benar menerbitkan buku, di sini kita bisa mengedit cover sendiri, menambahkan chapter, sampai mendapatkan vote serta komentar dari pembaca. Nggak heran kalau penulis Wattpad bisa mendapat penggemar loyal.

Dibandingkan platform penulisan online lain, kategori Wattpad lebih lengkap. Mulai dari genre buku adventure, chicklit, sampai riddle ada di sini. Tahu nggak sih kalau banyak penulis yang memulai kesuksesannya dari Wattpad. Salah satunya adalah Dear Nathan karya Erisca Febriani.

Wattpad
Tampilan profil penulis di Wattpad

Storial.co

Kalau kamu nggak percaya diri menulis di Wattpad, kamu bisa mulai menulis di Storial.co. Website buatan anak Indonesia ini punya fungsi yang nggak jauh berbeda. Yap, kita juga bisa menambahkan cover, membuat chapter, dan mendapat feedback dari pembaca biar semakin semangat berkarya. Uniknya, kita bisa menambahkan writer comments pada tiap chapter agar bisa langsung berinteraksi dengan pembaca.

Storial.co

 

Medium

Platform yang dibuat oleh kreator Twitter ini jadi solusi buat kamu yang merasa terlalu ribet membuat blog. Lewat Medium, kita bisa punya page sendiri yang nggak jauh beda dengan blog. Selain meng-upload artikel satuan, kita juga bisa membuat cerita berseri layaknya novel kok.

Psst... Medium yang sudah dikenal penulis dunia juga memberi kita kesempatan untuk mengenal penulis dari seantero dunia. Nggak cuma bisa memberi komentar, tapi kita juga bisa memberikan claps untuk mengapresiasi karya seseorang. Seru!

Medium

Foto: Quitely

 

Bookslife

Kalau kamu pecinta e-book, kamu wajib mencoba menerbitkan karyamu di Bookslife. Baru dirilis Mei lalu, Bookslife memperkenalkan diri sebagai startup yang bergerak sebagai platform penerbitan buku yang membantu penulis dalam proses pengeditan, layout, sampai desain cover. Kerennya lagi, sebagai wadah apresiasi bagi penulis, Bookslife nggak menjual buku secara utuh, melainkan tiap part. Jadi, penulis mendapat royalti 40 persen.

Bookslife

 

Are you ready to let the world knows your story?

 

| Editor: Ratri Anugrah

Share
Create Your Own Article!