Are You a Zetizen?
Show Menu

[Review]: 5 Hal Yang Membuat The Conjuring 2 Lebih Sukses Dibanding FIlm Horror Lainnya

Zetizen Zetizen 12 Jun 2016
[Review]: 5 Hal Yang Membuat The Conjuring 2 Lebih Sukses Dibanding FIlm Horror Lainnya

 

Zetizen.com – Lahir dari produser yang sama, rilis pada jeda waktu yang nggak terlalu jauh, tapi kualitas kedua Film ini sungguh berbeda. Yep, insidious dan conjuring bisa dibilang dua Film horror paling populer yang selalu dinanti kelanjutannya. Sayangnya, kehadiran insidious 3 beberapa waktu lalu justru dianggap mengecewakan oleh penggemarnya. Untungnya, conjuring 2 justru berhasil memuaskan bahkan melebihi ekspektasi para penggemarnya. Apa saja sih kelebihan conjuring 2 ini? (fhr/giv)

 

[Spoiler Alert!] - Bagian selanjutnya mengandung spoiler

 

Villain

Salah satu parameter paling krusial yang menentukan seramnya sebuah Film horror tentunya berasal dari tokoh penebar terror itu sendiri. Film insidious 3 yang berbentuk prekuel ternyata nggak berhasil memberikan tokoh iblis yang kuat dan sebanding dengan Film sebelumnya. Sedangkan di Film conjuring 2, iblis sebagai tokoh antagonis utama tampil tricky dan sangat menyulitkan tokoh utama, bahkan mengecoh penonton pula.

 

Plot Twist

Dalam The conjuring 2, penonton akan diarahkan ke persepsi yang salah terkait siapa sebenarnya yang meneror keluarga Hodgson. Nggak cuma arwah mantan pemilik rumah aja, ada pula iblis lain dengan niatan jahat yang jadi penyebab kenapa teror tak berhenti. Segi plot twist yang mengecoh penonton ini lah yang nggak dimiliki Film pesaingnya, sehingga jalan ceritanya pun sedikit dull dan mudah ditebak.

 

Lebih Seram

Sebagian besar web kritikus Film seperti imdb dan IGN menilai sutradara James Wan amat cermat dan tepat dalam meracik adegan dengan nuansa mencekam sekaligus mengagetkan dalam film. Bumbu-bumbu inilah yang membuat The conjuring 2 jadi jauh lebih seram. Meski merupakan hal bagus, namun banyak audience yang jadi mempertanyakan kenapa James Wan nggak menerapkannya juga di Film insidious 3.

 

Unsur Hiburan

The conjuring 2 banyak menampilkan scene hiburan berkesan humor maupun adegan kekeluargaan yang cukup menyentuh seperti bernyanyi bersama. Adegan itu berhasil menjadi selingan yang bisa dinikmati di sela sela teror yang terus berpacu. Adanya unsur ini pun menjadi keunggulan The conjuring 2 lainnya dibanding insidious 3.

 

Kisah Nyata

Keunggulan utama dari film-film conjuring dibanding insidious adalah inspirasinya yang  berasal dari kisah nyata. Tokoh-tokoh yang diceritakan di dalamnya pun nyata, termasuk suami-istri Warren sebagai sang pemburu hantu. Bahkan dalam credit, The conjuring 2 turut menyertakan foto-foto serta rekaman suara hantu asli yang menjadi panutan dalam film. Hal ini yang nggak akan pernah bisa ditandingi insidious yang memang sepenuhnya fiktif.

RELATED ARTICLES

Please read the following article