Are You a Zetizen?
Show Menu

Kesuksesan Finding Dory Ancam Spesies Blue Tang Fish

Zetizen Zetizen 25 Jun 2016
Kesuksesan Finding Dory Ancam Spesies Blue Tang Fish

 

Zetizen.com - Buat para pecinta film, kesuksesan film finding dory mungkin terdengar sangat menyenangkan. Namun, di sisi lain, hal itu ternyata membawa dampak buruk buat lingkungan. Sebab, antusiasme penonton menyaksikan tingkah lucu Dory, si ikan berjenis blue tang fish membuat eksploitasi ikan tersebut di alam jadi makin tinggi.

Padahal, populasi blue tang fish di alam sendiri sebenarnya juga nggak banyak banyak amat. Jelas saja penangkapan yang meningkat itu bikin spesies ikan ini makin terancam. “Spesies ini tidak dapat bertahan jika permintaan meningkat. Ikan jenis ini telah menurun jumlahnya di alam liar," jelas Rene Umberger, direktur eksekutif For The Fishes.

 

(Foto: stuffpoint)

 

Selain langka, ternyata ikan Blue Tang juga bisa memanjang dan membesar sehingga nggak cukup untuk dipelihara didalam akuarium. Jadi, memelihara ikan tersebut sama saja dengan membunuhnya.

Sebenarnya, nggak hanya permintaan blue tang fish yang meningkat. Saat Finding Nemo pertama kali rilis pun, permintaan ikan badut (Nemo) juga sempat meninggkat hingga 40%. Namun, ikan badut bisa diternakan dalam penangkaran, sehingga populasinya nggak terlalu terancam. Berbeda dengan ikan Blue Tang yang hanya bisa berkembang biak secara alami dalam jumlah terbatas.

Meski begitu, tetap aja ada dampak kerugiannya yakni berkurangnya jumlah populasi ikan badut (clownfish) di lautan dan kerusakan tetumbu karang yang mereka huni akibat overfishing. Eksploitasi ikan jenis tersebut sering menggunakan sianida yang mematikan koral dan hewan lainnya, serta dapat menyebabkan penyakit dan kematian ikan dan hewan lain di sekitarnya.

 

(foto: facebook)

 

Jelas aja hal itu jadi perhatian banyak organisasi perlindungan alam kayak Human Society of the United States, Human Society International, Venter for Biological Diversity dan For the Fish. Mereka sepakat mengkampanyekan untuk meningkatkan awareness terhadap spesies blue tang dan dampak pembelian ikan spesies tersebut.

Nah, menyadari adanya potensi negatif dari penayangan Finding Dory, Disney juga merilis materi pendidikan tentang memilih ikan peliharaan. Bekerja sama dengan beberapa pet shop serta berpartner dengan Monterey Bay Aquarium dan Association of Zoo and Aquarium mendukung konservasi blue tang fish. (ibtimes/variety/ndy/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article