Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenali Ciri Make-up Kadaluarsa

Zetizen Zetizen 14 Aug 2016
Kenali Ciri Make-up Kadaluarsa

 

Zetizen.com – Be careful with your make-up, girls! Pernah nggak sih kamu melihat vlog yang pamer koleksi make-up super banyak? Nggak perlu iri. Sebab, semahal atau sehits apapun brand Make-up itu, kalau Kadaluarsa yang berbahaya buat kulit. Nah, selain berpatok pada tanggal kadaluarsa, kamu juga harus mengenali ciri-ciri make-up kadaluarsa. Caranya gampang banget kok! (huffingtonpost/allwomanstalk/dhs/rat)

 

Eyeliner

Alat make-up satu ini punya masa Kadaluarsa 6 bulan–1 tahun. Cara mengetahui apakah sudah Kadaluarsa atau belum adalah dengan mengamati kemunculan bercak putih pada ujung pensil eyeliner. Sedangkan tekstur eyeliner cair yang Kadaluarsa berubah jadi kering.

 

‘‘Kalau kalian menggunakan yang pensil, akali dengan meraut kembali untuk menghilangkan bagian atas yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.’’ Jamie Greenberg, Celebrity Make-up Artist (Huffington Post)

 

Maskara

Kalau maskara menggumpal, berarti sudah jadi sarang bakteri. (GIF by giphy)

 

Alat make-up ini punya masa Kadaluarsa paling unik. Kalau belum dibuka, maskara bisa bertahan sampai 6 bulan. Kalau sudah dibuka, mascara cuma bisa bertahan sampai 3 bulan. Ciri-ciri maskara kalau Kadaluarsa adalah ketika dibuka, maskara itu menggumpal dan susah diaplikasikan. Itu tandanya maskara sudah jadi sarang bakteri dan bisa menimbulkan iritasi kalau tetap diaplikasikan.

 

Lipstik

Perhatikan tekstur lipstikmu! (GIF by giphy)

 

Ini nih alat make-up paling penting bagi cewek! Kamu harus tahu kalau lipstik cuma bisa bertahan hingga 2 tahun. Ciri-ciri kadaluarsanya bisa dilihat dari tekstur. Kalau lipstik itu jadi lengket waktu dioleskan pada kulit dan susah diaplikasikan, berarti lipstik sudah Kadaluarsa atau terlalu banyak terkena sinar matahari. Ciri lain adalah saat diaplikasikan mulai terasa kering, perih, serta aromanya berubah.

 

Foundation

Ada yang foundation padat, cair, dan krim. Masing-masing punya masa Kadaluarsa berbeda. Rata-rata 6 bulan–2 tahun. Foundation yang Kadaluarsa gampang terlihat dari tekstur dan warnanya. Kalau teksturnya berubah seperti ada minyak atau air di atasnya, bisa jadi itu sudah Kadaluarsa banget. Amati juga dengan mengoleskannya sedikit pada kulit tangan. Kalau timbul rasa gatal, itu tandanya foundation tersebut sudah Kadaluarsa dan berjamur.

 

Powder, Blush On, dan Eye Shadow

Hindarkan powder, blush on, dan eye shadow dari air! (GIF by Tumblr)

 

Tiga jenis make-up ini punya tekstur yang sama, yaitu padat atau powder. Jadi, masa kadaluarsanya pun hamper sama, yakni 1–2 tahun. Kalau warnanya berbubah, itu berarti powder, blush on, atau eye shadow itu sudah kadaluarsa. Oh ya, make-up ini jangan sampai terkena air ya karena bisa cepat menumbuhkan bakteri dan bisa bertahan 6 bulan aja.

RELATED ARTICLES

Please read the following article