Streaming Film Ilegal
Hari Gini Streaming Ilegal? (Foto: Pixabay)

Zetizen.com – Koneksi wiFi semakin mudah didapatkan. Oleh karena itu, semakin banyak pula orang-orang yang streaming film atau serial TV. Sayangnya, masih banyak yang streaming secara ilegal. Kebanyakan mereka nggak tahu situs streaming itu ilegal atau nggak. Cara mengetahuinya, kamu cukup mengenali 6 hal absurd berikut ini.

Rilis Lebih Dulu

Oke. Setiap ada website streaming yang sudah punya film yang masih diputar di bioskop, kamu patut curiga. Logikanya, kalau film itu masih laku di bioskop, distributor nggak bakal mengeluarkan DVD atau izin memutar di TV dan jasa streaming lain. Kejadian ini rugi banget buat semua yang terlibat dalam pembuatan film. Lihat aja film The Interview (2014) yang merugi secara box office karena sudah dibocorkan hacker.

Gambar Nggak HD

Pernah nonton film di bioskop atau DVD original kan? Ya itu standard kualitas film legal. Minimal kualitasnya sudah blueray. Tapi, kalau kamu streaming ilegal, kualitasnya nggak bakal sebagus itu. Ada berbagai jenis kualitas film, diantaranya CAM, TS (telesync), Scr (screener), DVDRip, HDTV, WEBRip, dan Blu-ray. Kebanyakan gambar film di streaming ilegal masih buram dan kadang goyang. Fix deh itu film ilegal!

Ada Bayangan Orang Lewat

Lagi asyik nonton streaming, tiba-tiba ada bayangan orang lewat menutupi gambar. Siapakah dia? Ya penonton lain di bioskop yang kebelet buang air kecil. Meski jarang terjadi, tapi kejadian ini beneran ada lho. Kalau kamu menemui hal ini, jelas banget film yang kamu tonton streaming itu ilegal berat. Sebab, film itu didapat dengan cara merekam film bioskop dengan handycam. Melanggar hukum tuh!

Terdengar Suara yang Nggak Jelas Asalnya

Merekam dengan handycam secara manual juga punya efek samping lain. Salah satunya adalah terekamnya suara-suara yang nggak diinginkan. Mulai dari suara batuk, tawa penonton, bahkan kadang bayi nangis! Ha ha ha. Namanya juga merekam di bioskop.

Subtitle Kacau

Kadang para oknum penyedia streaming ilegal nggak niat memberi subtitle. Bahkan, ada juga yang asal copy-paste dari Google Translate. Apalagi kalau subtitle film Jepang yang sudah salah saat di-translate ke Bahasa Inggris. Misalnya, “How does the taste of older woman?” Kalau dilihat dari konteks, seharusnya: “How does it feel to be older woman (Bagaimana rasanya menjadi orang tua)?” Bayangkan kalau subtitle yang salah itu langsung diterjemahkan ke Bahasa Indonesia tanpa melihat konteks! Ah, kacau!

Banyak Pop-up Iklan Bermunculan

Pernah nggak kamu mengklik link dan malah banyak windows/tab bermunculan? Itu namanya pop-up iklan yang menghasilkan dolar bagi pemilik website. Karena random banget, kadang yang muncul bisa situs scam dan bahkan konten dewasa alias porno! Meski kamu penasaran, jangan diklik karena situs seperti itu kemungkinan besar mengandung virus.

Hayo, siapa yang masih streaming ilegal?

Baca juga di halaman Zetizen BESOK:

  • Keuntungan streaming ilegal menurut Zetizen
  • Rekomendasi website streaming legal (WAJIB BACA!)

Editor: Ratri Anugrah

Share
Create Your Own Article!