asrama kampus
Salah satu contoha asrama kampus Universitas Negeri di Surabaya (foto: Unair)

Zetizen.com - Tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai. Buat calon mahasiswa baru, pasti lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan kebutuhan campus life. Salah satu yang terpenting adalah tempat tinggal. Yap, Apalagi buat kamu yang merantau. Beberapa kampus ada yang menyiapkan asrama untuk mahasiswa baru. Tapi, ada pula yang kamu harus berjuang mencari kostan sendiri. Sebelum kamu memilih tinggal dimana, coba intip dulu kelebihan dan kekurangan asrama vs kostan. Yuk, simak!

 

asrama kampus
Ilustrasi asrama yang harus bisa berbagi dengan teman sekamar (foto: Hercampus)

Pilihan 1: Asrama

Kelebihan: 

Kehidupan asrama punya beberapa sisi enaknya. Di asrama kamu punya jauh lebih banyak kesempatan untuk mencari teman baru satu kampus. Gimana nggak, pasalnya saat kamu berjalan di koridor kamar tidur, ada banyak wajah berbeda yang bisa kamu temui. Kamu bakal jadi lebih mudah akrab sama teman sekamar atau sebelah kamarmu.

Selain itu, jarak asrama yang biasanya dekat dari kampus juga jadi poin plus. Gedung asrama yang dekat dari kampus, pastinya akan memberimu sedikit kebebasan untuk bangun on last minutes before class starts. Eits, tapi jangan sengaja untuk telat, ya! Selain itu, kamu juga nggak perlu ngeluarin biaya transportasi.

Beberapa asrama biasanya juga menyediakan jasa layanan kebersihan. Dengan jasa ini, kamu nggak perlu musingin kebersihan koridor depan kamarmu, atau kebersihan di ruanganmu sendiri. Dan yang paling penting, beberapa asrama punya keamanan yang cukup highly-secure. Jadi kekhawatiranmu akan lingkungan sekitar bisa sedikit berkurang deh.

Kekurangan:

Ada kelebihan, tentunya juga ada kekurangan. Di asrama, kamu diharuskan sharing dengan sesama penghuni asrama lainnya. Either itu kamar mandi ataupun dapur. Nah, karena apa-apa harus pakai prinsip sharing, alhasil kamu jadi kehilangan privasimu sendiri, deh. Belum lagi jika kamu mendapat teman sekamar yang nggak cocok sama kamu. Duh, harus sabar banget tuh. Selain itu, peraturan-peraturan dari asrama juga biasanya lebih ketat. So, mau nggak mau kamu harus nurutin semua peraturan mulai dari kebersihan sampai jam malam.

 

ilustrasi kamar indekos
Ilustrasi kamar kosn-kosan (foto: Architec)

Pilihan 2: Indekos (Kos-kosan)

Kelebihan:

Kehidupan anak kost juga nggak kalah enaknya dengan kehidupan asrama, loh. Kalau di kostan, kamu lebih memiliki privasi. Misalnya memilih kamar yang memiliki kamar mandi dan dapur sendiri. Kamu juga bisa mencari teman sendiri buat jadi roommate-muDitambah lagi kamu bakal menjadi lebih mandiri. Sebab, untuk urusan beres-beres kamar sampai memperbaiki barang yang rusak, kamu lakukan sendiri.

Untuk masalah harga, kamu juga bisa tentukan sesuai budget. Poin plusnya lagi, pertemanan kamu bakalan lebih luas, lohWhy? Sebab, kalau tinggal di asrama temanmu hanya sebatas satu kampus aja. Tapi kalau di kostan, kamu bisa ketemu temen baru dari kampus yang berbeda juga. That is good, eh?

Kekurangan:

Nggak banyak kostan yang berjarak dekat dari kampus. Jadi kamu wajib bangun at least 30 menit lebih awal sebelum kelas di mulai. Biaya sewanya juga sewaktu-waktu bisa naik. Nggak cuma itu, biasanya akan ada iuran lain di tiap bulannya, contohnya iuran sampah dan keamanan. Berbicara soal keamanan, nggak semua kostan memiliki keamanan yang baik, loh. Meskipun nggak semua kostan punya keamanan yang lemah, paling nggak kamu tetap harus mencari tahu perihal keamanan di lingkungan kostan-mu sebelumnya, ya!

 

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan dari asrama dan kostan. So, yang mana pilihanmu?

 

Source: collegeusatoday, thecollegetourist

Editor: Fanny Kurniasari

Share
Create Your Own Article!