Zetizen.com – Sejak awal 2017, banyak pengguna Instagram yang heran kenapa likes di foto mereka cuma sedikit. Itu pun dari orang-orang yang sama. Jumlah followers juga susah bertambah dan bahkan postingan nggak muncul di hashtag. Kalau kamu mengalami hal yang sama, mungkin kamu di-shadowban sama Instagram!

Apa Itu Shadowban?

Shadowban bikin akunmu nggak terlihat publik (Foto: Petapixel)

 

Basically, shadowban adalah kebijakan Instagram mem-banning atau membatasi kinerja akun. Postingan nggak muncul di publik (feed-nya orang-orang yang nggak follow dan pencarian hashtag. Yap, postingan seolah "tersembunyi". Sebanyak apapun hashtag yang dipakai buat mempopulerkan postingan, ujung-ujungnya cuma followers aja yang bisa lihat. 

Sesuai namanya, shadowban dilakukan Instagram diam-diam. Nggak ada notifikasi apapun. Tahu-tahu dampaknya aja yang terasa. Likes berkurang, begitu juga comments dan followers. Pihak Instagram nggak pernah benar-benar mengaku kalau mereka menerapkan shadowban. Yah, namanya juga diam-diam kan?

Penyebab Akun Kena Shadowban

Sebenarnya, shadowban bertujuan "menertibkan" dan mencegah pengguna melakukan aktivitas yang dilarang. Misalnya, pakai hashtag sembarangan dan terlalu banyak. Demi bikin postingan hits, beberapa orang suka pakai hashtag populer yang nggak nyambung. Upload foto selfie, hashtag-nya #brunch atau #NewYork. Postingan seperti itu dianggap spamming, guys.

Memakai auto-like, auto-comment, atau penambah followers juga bikin akun rawan kena shadowban. Sebab, hal ini jelas melanggar terms of service Instagram. Oh ya, mengubah akun jadi profil bisnis juga sebaik dihindari. Ternyata, hal ini bikin Instagram rugi. Mereka yang harusnya dapat pemasukan dari profil bisnis malah nggak dapat apa-apa. Ujung-ujungnya, akunmu beresiko di-banned.

Hindari aktivitas yang dilarang Instagram (Foto: Socialmediablogs)

Ciri-Ciri Akun yang Kena Shadowban

Ciri paling menonjol adalah menurunnya jumlah likes secara drastis. Kalau biasanya dalam waktu lima menit bisa dapat 50 likes, shadowban bikin kamu cuma dapat 10 likes aja. Penyebabnya ya apalagi kalau bukan karena postinganmu cuma bisa dilihat followers dan nggak muncul di halaman explore. Ciri lain, hashtag yang kamu pakai nggak bisa dilihat oleh orang yang belum jadi followers.

Ciri-Ciri Akun Kena Shadowban Instagram   Ciri-Ciri Akun Kena Shadowban Instagram

Gambar kanan dilihat pakai akun followers. Gambar kiri dilihat pakai akun non-followers.

 

Kalau belum yakin, kamu bisa cek di website ini. Tapi, kalau kamu menemukan website sejenis yang meminta username dan password, mending jangan deh. It might be a phising.

Seberapa Merugikan Sih Shadowban Instagram?

Buat yang butuh banget likes seperti onlineshop, endorser, atau social media businessman, shadowban jelas sangat merugikan. Bayangin aja, jumlah likes mereka berpengaruh sama kredibilitas di mata client. Kalau kena shadowban, jelas kredibilitas bakal menurun.

“Sebelum shadowban, banyak brand yang minta produknya di-promote di akunku. Setelah kena shadowban, kerjasama menurun drastis dan pemasukan juga menurun,” ujar Jayden Croft, fotografer dan enterpreneur asal Amerika seperti dikutip dari Miccom.

Cara Mengatasi Shadowban

Meski merugikan, shadowban bisa diatasi kok. Salah satunya dengan berhenti menggunakan bot. Oh ya, berhenti dulu dari segala aktivitas di Instagram juga bisa membantu lho. Beberapa korban shadowban mengaku akunnya kembali normal setelah beberapa hari nggak login. Kalau kamu masih pakai profil bisnis buat akun pribadi, mending diubah ke personal lagi.

Tanggapan pihak Istagram tentang adanya shadowban (Foto: Later)

 

Karena tujuan shadowban adalah "menertibkan" penyalahgunaan di Instagram, maka berhenti pakai hashtag buat mencari keuntungan pribadi. Menurut postingan yang pernah diunggah pihak Instagram di Facebook, mereka menyarankan pengguna buat mengeksplor kreatifitas alih-alih menyalahgunakan hashtag. So, daripada kena shadowban, yuk, bikin akun kita populer dengan effort dan kreatifitas sendiri!

 

Source: Mic, PetaPixel | Editor: Ratri Anugrah

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!