Are You a Zetizen?
Show Menu

Review Drama Korea Melancholia, Ada Cinta dalam Rumus Matematika

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 06 Feb 2023
Review Drama Korea Melancholia, Ada Cinta dalam Rumus Matematika

Zetizen-Drama Korea (drakor) dengan latar sekolah selalu menarik buat diikuti. Nih, Zetizen kasih rekomendasi drakor terbaru yang seru. Judulnya Melancholia. Penayangan drama hasil kolaborasi sutradara Extraordinary You Kim Sang-hyub dan penulis naskah Doctor John Kim Ji-woon itu sempat diundur. Melancholia akhirnya tayang perdana pada 10 November dan masih ongoing sampai saat ini.

Melancholia menyuguhkan sudut pandang kehidupan dari pelajaran yang sering dianggap susah. Yap, apa lagi kalau bukan matematika! Kisahnya diawali dengan Ji Yoon[1]soo yang diminta untuk menjadi guru matematika di SMA Asung. Sekolah swasta tersebut dikenal dengan siswa-siswanya yang ambisius. Namun, saat Ji Yoon-soo menguji siswanya, ternyata nggak ada satu pun yang bisa memecahkan soal-soal yang dibuatnya.

Hingga suatu ketika muncul sosok misterius yang berhasil menjawab semua soal dengan benar. Selang beberapa lama, Yoon-soo mengetahui bahwa orang itu adalah Baek Seung-yoo. Dari situlah awal kedekatan keduanya dimulai. Sama halnya dengan sang guru, Seung-yoo sangat menyukai matematika. Namun, trauma di masa lalu membuat dia menyembunyikan kecintaannya pada matematika dan menjadi siswa dengan nilai terendah di sekolah.

Melihat hal itu, Yoon-soo betekad membimbing Seung-yoo agar bisa bangkit dari kegagalan. Di sisi lain, wacana olimpiade matematika yang akan digelar di Korea menjadi bahasan menarik para petinggi. Yoon-soo sebagai guru matematika merasa bertanggung jawab dalam mempersiapkan delegasi. Yakni, Seung-yoo dan Ye-rin. Persiapan itu rupanya membuat Yoon-soo dan Seung-yoo semakin dekat dan romantis. Tentu, hubungan tersebut menuai kontroversi karena umur keduanya terpaut belasan tahun.

Nggak cuma persoalan romansa, drama dengan 16 episode tersebut mencoba menunjukkan bahwa matematika selalu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Konflik lain yang diangkat pun relate dengan kehidupan pelajar. Kamu mungkin satu di antara beberapa anak yang nggak suka disbanding-bandingkan, apalagi dalam hal kompetensi. Dan nggak semua anak ingin melanjutkan mimpi tertunda orang tuanya.

Dialog dan konflik utama Melancholia serba hitung-hitungan, rumus serta teori yang nggak semua orang tahu, lho! Kamu bakal dibuat terkesan dengan kecerdasan matematika para tokohnya. Siap[1]siap deh dibikin mikir, hehe. Meski begitu, Melancholia tetap menarik untuk diikuti tiap episodenya. Well, drakor ini di-update setiap Rabu dan Kamis pukul 20.30 WIB di Viu dan Iqiyi. Selamat menonton sambil belajar! (arm/c12/lai)

Let’s Get to Know Them!

Ji Yoon-soo (Lim Soo-jung)

Ji Yoon-soo merupakan guru matematika yang baik hati, ulet, dan memiliki keinginan kuat untuk maju. Namun, dia juga ceroboh dan pelupa. Sebelum menjadi guru di SMA Asung, Ji Yoon-soo dikenal mahir membina siswa untuk memenangkan olimpiade. Di awal cerita, dia diceritakan menjalin hubungan dengan seorang pria yang bekerja di Kementerian Pendidikan.

Baek Seung-yoo (Lee Do-hyun)

Ini dia si genius matematika yang memilih menyembunyikan kemampuannya dan mengganti nama kecilnya. Seung-yoo dikenal sebagai siswa dengan nilai terendah di sekolah. Padahal, dia telah mengikuti berbagai olimpiade matematika, bahkan masuk Institut Teknologi Massachusetts saat berusia 10 tahun. Tokoh satu ini juga hobi menyendiri dan mengamati lingkungan sekitar dengan lensa kameranya. Semua yang dilihatnya bagaikan jalinan rumus-rumus matematika.

Sung Ye-rin (Woo Da-vi)

Seorang anak tunggal dari anggota dewan yang nggak terlalu pintar matematika. Dari kecil, orang tua Ye[1]rin selalu membandingkannya dengan Seung-yoo. Itulah kenapa Ye-rin membenci Seung-yoo. Dia merasa tersaingi dan kerap menyalahkan Seung-yoo atas kegagalannya. Dengan adanya olimpiade matematika, Ye-rin ingin menjadi satu-satunya delegasi sekolah agar bisa mendapat pujian dari orang tuanya. (arm/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article