Are You a Zetizen?
Show Menu

Review Film Sweet Sour, Bawakan Kisah Cinta Berjuta Rasa

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 30 Jan 2023
Review Film Sweet Sour, Bawakan Kisah Cinta Berjuta Rasa

Zetizen-Sejak tayang perdana 4 Juni di Netflix, Sweet & Sour mendapat respons luar biasa dari pencinta film Korea. Film bergenre romantis komedi itu bahkan langsung jadi trending topic di Twitter. Deretan pemain kenamaan Korea Selatan seperti Chae Soo-bin (am Not A Robot), Jang Ki-yong (My Roommate is A Gumiho), dan Krystal Jung (The Bride of Haboek) turut membintangi film ini. Sweet & Sour juga menjadi proyek film romantis pertama Jang Ki-yong, lho!

Ternyata, Sweet & Sour merupakan remake dari film Jepang Initiation Love (2015). Initiation Love sendiri diadaptasi dari novel Jepang dengan judul yang sama yang ditulis Kurumi Inui. Menariknya, nama Sweet & Sour diambil dari permen chewy "saekomdalkom". Sewaktu mengerjakan skenarionya, Lee Gae-byeok terinspirasi permen tersebut yang juga berarti manis dan asam bak sebuah hubungan yang nggak selalu manis, tetapi juga ada masamnya.

Kisah film ini bermula dari Lee Jang Hyuk yang masuk rumah sakit karena sakit hepatitis. Di sana dia bertemu Da Eun, perawat yang manis dan hangat dengan sikapnya yang sedikit aneh, tetapi mampu menarik hati Hyuk. Ketika Hyuk diizinkan pulang dari rumah sakit, ia berusaha mencari nomor telepon Da Eun dan menemuinya. Keduanya pun mulai menjalin hubungan dan memutuskan untuk pergi ke Jeju sewaktu Natal.

Saat di bandara, Hyuk berjanji menguruskan badannya agar bisa pakai baju couple dan mulai berlari. Dengan menggunakan sepatu yang sama, kita akan dibawa ke scene di mana Jang Hyuk sudah lebih kurus dan tampan. Namun, hubungan mereka mulai renggang saat harus menjalani hubungan jarak jauh karena Jang Hyuk dipindahtugaskan ke Seoul. Sebagaimana halnya hubungan LDR di kehidupan nyata, kesibukan membuat bertemu jadi semakin sulit, ditambah berbagai masalah yang hadir.

Jika kita lihat di trailer, Bo-young seolah- olah jadi orang ketiga dalam hubungan ini. Namun, sulit juga menyalahkan Bo- young atas renggangnya hubungan mereka. Sebab, Bo-young tidak tahu kalau Jang Hyuk sudah punya pacar. Ketika komitmen dan pengorbanan dibutuhkan, akankah hubungan Jang Hyuk dan Da Eun bertahan?

Meski awalnya terlihat seperti romansa yang ringan, film ini ternyata diakhiri dengan plot twist yang meninggalkan kesan mendalam bagi penonton. Alih bercerita tentang fairy tale ending, film ini justru menunjukkan sisi realistis dalam hubungan anak muda yang nggak selalu ada cinta dan merasa bahagia.

"Saat ini, banyak anak muda yang mendapati banyak kesulitan untuk menemukan cinta dan mem- pertahankannya. Faktor inilah yang

mau dibawa dalam situasi dan karakter dalam film Sweet & Sour," ungkap sutradara Lee Gae-byeok melansir NEOTIZEN. Ini menjadi alasan mengapa sutradara memilih tokoh yang bekerja sebagai perawat dengan sif dan pegawai kontrak yang ingin menjadi pegawai tetap di perusahaan besar. Wah, nggak mudah tentunya membuat pekerjaan dan cinta berjalan seimbang ya. Nah, sudah pasti Sweet & Sour recommended banget deh buat masuk ke list tontonan kamu para pencinta film romansa! (elv/c12/lai)

Film yang diadaptasi dari novel karya Rintik Sedu ini bercerita tentang perjalanan sepasang anak muda yang tengah jatuh cinta dan menemukan arti sebuah komitmen. Ann (Hanggini), gadis mandiri yang selalu blak-blakan, jatuh cinta dengan Geez (Junior Roberts) dengan sifatnya yang misterius. Pertemuan mereka membawa berbagai masalah yang cukup pelik sebelum akhirnya Geez harus melanjutkan kuliah di luar negeri.

Kalau biasanya LDR antarkota atau negara, yang satu ini LDR antarplanet! Yaps! Kisah science fiction romance ini berawal dari Gardner Elliot (Asa Butterfield) yang tinggal di Mars. Karena Gardner cukup kesepian setelah kematian ibunya, dia menemukan teman chatting dari bumi, yaitu Tulsa (Britt Robertson). Gardner kemudian turun ke bumi dan bertualang bersama Tulsa untuk mencari ayahnya. Hmmm, apakah Gardner akan kembali ke Mars dan meninggalkan Tulsa?

Kinanti (Dea Panendra) adalah seorang karyawan di stasiun televisi yang tetap harus bekerja dengan protokol kesehatan. Sejak ditiadakannya ojek online karena pandemi, Kinanti pulang pergi kantor bersama sahabatnya Jeff (Morgan Oey). Kinanti pun jatuh cinta sama Jeff, padahal Jeff sudah punya pacar di Milan, yaitu Arina (Asmara Abigail). Series ini dikemas apik dengan keresahan setiap tokoh akan pandemi yang membatasi mereka dengan jarak. (elv/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article