Are You a Zetizen?
Show Menu

Maksimalkan Break Time ketika Sekolah Online

Ratih Mg Ratih Mg 01 Feb 2023
Maksimalkan Break Time ketika Sekolah Online

Zetizen - Setuju nggak sih kalau sekolah online terasa jauh lebih melelahkan daripada sekolah biasa? Padahal, seharusnya sekolah online terasa jauh lebih menyenangkan karena nyaman berada di dalam rumah. Nah, mungkin aja kamu kurang memanfaatkan waktu untuk break sejenak karena sama halnya dengan sekolah tatap muka, kita butuh waktu istirahat. Enaknya ngapain ya? (c12/lia)

Jalan-jalan Keliling Rumah

Jalan kaki mungkin nggak akan terpikirkan menjadi salah satu aktivitas yang dikerjakan untuk mengisi waktu istirahat kelas online. Padahal, manfaat dari jalan kaki itu banyak banget, loh. Dengan berjalan kaki mengelilingi rumah, kamu bisa meningkatkan kinerja sel otak. Bahkan, dengan berjalan, kamu bisa jadi lebih fokus. Jalan kaki adalah olahraga yang nggak hanya baik untuk tubuh. Kalau kamu merasa jenuh dan suntuk dengan kelas online, coba manfaatkan waktu istirahatnya untuk olahraga ringan. Karena dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon dopamine, norepinephrine, dan serotonin yang bisa mengatur suasana hati kita agar lebih bahagia.

Take A Nap

Kamu tahu nggak sih kalau tidur bisa jadi cara untuk memulihkan kemampuan belajar kita? Tidur singkat di tengah-tengah aktivitas bisa jadi sebuah energy hack. Nggak perlu waktu lama, cukup dengan 15-20 menit tidur, dijamin setelah itu tubuhmu akan bugar dan segar. Waktu istirahat ideal umumnya bergantung dengan seberapa lama aktivitas yang kamu kerjakan. But, secara garis besar berdasar teknik Pomodoro, istirahat sebaiknya dilakukan 5 menit untuk short break time dan 15 menit untuk long break time. So, tidur singkat bisa jadi solusi cerdas untuk mengisi C waktu istirahat di sela-sela kelas online.

Relaksasi dengan Musik

Nyatanya, nggak semua jenis musik bisa dijadikan backsound yang tepat untuk relaksasi. Karena beberapa jenis musik justru akan mengganggu waktu istirahatmu. Selain mendengarkan musik sambil chill, kamu juga sekaligus membuat pikiranmu rileks. Beberapa musik yang berhasil dan cocok didengar di sela-sela istirahat adalah jenis musik klasik, musik dengan suara alam, atau bahkan musik dari video game kesayanganmu. Karena musik dari video game akan membantumu untuk lebih bersemangat sekaligus merasa nostalgia.

Kelelahan Mata Digital? Ini Solusinya

AKIBAT sekolah online, pasti banyak dari kita yang mengalami mata lelah, mata kering. penglihatan yang kabur, bahkan sakit kepala. Nah, karena itu, diperlukan menjaga kesehatan mata biar kamu nggak ngalamin yang namanya kelelahan mata digital. Di bawah ini udah kita siapin beberapa tip biar mata kamu tetap sehat selama sekolah online, check it out (jry/lia/c12)

Posisi Gadget 1/2/10

Selain durasi menatap layar, ingat untuk selalu mengatur jarak gadget dengan mata. Sering kali tanpa sadar kamu lupa mengatur jarak dan akhirnya gadget jadi terlalu dekat dengan mata kamu. Idealnya, terapkan jarak 1/2/10, yakni smartphone sejauh 1 kaki, komputer, laptop, dan tablet sejauh 2 kaki, dan televisi sejauh 10 kaki..

Screen Setting

Tip yang satu ini penting banget biar mata kamu nggak gampang lelah. Atur brightness gadget agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Pastikan kecerahannya pas dan nyaman di mata agar kamu tidak merasa silau atau sulit menatap layar. Jangan lupa juga untuk tidak menatap layar di ruangan yang redup.

Terapkan Aturan 20/20/20

Satu hal penting yang perlu kamu ingat adalah hindari menatap layar lebih dari 20 menit. Saat mata mulai merasa lelah, nggak perlu memaksakan untuk terus berada di depan layar. Berikan waktu untuk mata kamu istirahat juga. Kamu bisa menerapkan aturan 20/20/20 yang berarti menatap layar selama 20 menit, mengalihkan pandang an mata ke objek lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Rutin Kedipkan Mata

Mungkin beberapa dari kamu terlalu fokus selama kelas online atau ngerjain tugas sampai jarang kedip. Mulai sekarang, kamu harus rutin mengedipkan mata karena mata yang kurang berkedip akan cenderung kering. Dengan rutin berkedip, mata kamu akan memproduksi air mata yang menambah kelembapan.

Kompres Mata

Untuk mencegah mata kering, selain rutin mengedipkan mata, kamu bisa mengompres mata setelah menatap layar selama sekolah online. Caranya gampang banget, tinggal basahi handuk dengan air mata dan kompres ke mata kamu selama 15 menit setiap pagi, siang, dan malam. Tip ini juga bisa kamu lakukan pada jeda waktu istirahat sekolah biar mata fresh dan siap untuk kelas online selanjutnya.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article