Are You a Zetizen?
Show Menu

Keren, Presentasi Mahasiswa Menggunakan AI di Manajemen FEB UNAIR

Admin Zetizen Admin Zetizen 03 Jun 2023
Keren, Presentasi Mahasiswa Menggunakan AI di Manajemen FEB UNAIR

Selalu ada yang manrik dalam proses belajar mengajar di Manajemen FEB UNAIR, salah satunya adalah penggunaan AI (Artificial Intelligent) dalam aktivitas presentasi yang dilakukan mahasiswa program Magister Sains Manajemen (MSM)dan Magister Manajemen (MM). banyak diskusi mengenai penggunaan AI sudah memunculkan pro dan kontranya, namun di Departemen Manajemen FEB Unair, perkembangan AI menjadi hal yang harus menjadi bagian dari proses pembelajaran yang tidak dapat dielakkan lagi. Untuk itu, mahasiswa ditantang untuk melakukan presentasi dengan cara yang berbeda yakni dengan menggunakan foto yang sudah menggunakan filter AI yang kemudian foto tersebut dijadikan sebagai video dengan AI juga untuk mempresentasikan materinya. Dan alhasil perkuliahan menjadi berbeda, dan meningkatkan animo para peserta mata kuliah untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Kesan mereka terhadap presentasi dengan menggunakan AI tersebut adalah “Kereen”. Diskusi pembahasan kasus di kelaspun mahasiswa diperkenankan menggunakan chatGPT, namun dengan tetap harus meramunya menjadi diskusi yang tersampaikan secara lebih humanis. Bahkan hasil chatGPT tersebut didiskusikan kekurangan dan kelebihannya.


Dengan demikian proses belajar mengajar di kelas Magister, sudah memasukkan unsur kekinian yakni penggunaan AI, yang menjadikan mahasiswa akan lebih terlatih berhadapan dengan teknologi dalam proses pelakasanaan dan pengambilan keputusan bisnis di masa depan.


Dr. Gancar C Premananto sebagai pengampu Mata Kuliah Strategi pemasaran menyampaikan bahwa, “AI menjadi sesuatu yang tidak dapat dielakkan dalam dunia bisnis, menyiapkan mahasiswa agar mereka familiar dengan dunia AI harus dilakukan, agar mereka siap bersahabat dengan IT untuk mengembangkan bisnis dan karirnya. Untuk itu proses pembelajaran pun harus mengakomodasi hal tersebut.”

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article