Are You a Zetizen?
Show Menu

Pendidikan Kolaborasi Lintas Jurusan di Universitas Airlangga

Ina Shofiyana Ina Shofiyana 29 May 2023
Pendidikan Kolaborasi Lintas Jurusan di Universitas Airlangga

Universitas Airlangga sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia terus menghasilkan pembaharuan dalam setiap pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan perkuliahan Dasar Bersama (PDB). PDB sendiri dapat dibilang sebagai program yang tergolong baru di universitas airlangga karena baru dimulai pada tahun 2021 yang lalu. 

Mengikuti mata kuliah yang tergolong dalam pembelajaran PDB menjadi suatu hal wajib bagi mahasiswa tahun pertama Universitas Airlangga. Selain menjadi syarat pemenuhan SKS, pembelajaran PDB juga menjadi sarana bagi mahasiswa universitas airlangga untuk saling mengenal dengan rekan seangkatan pada jurusan dan fakultas yang berbeda. Hal ini dikarenakan pembelajaran PDB menyatukan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu kedalam beberapa kelas untuk menerima kuliah dan menjalani perkuliahan dengan mata pelajaran yang sama. 

Pembelajaran PDB semester kedua dapat disebut sebagai puncak bentuk Kolaborasi yang telah dipupuk semenjak semester pertama. Jika pada semester pertama mahasiswa diberikan tugas akhir dengan menerapkan pendidikan pancasila, kewarganegaraan, keagamaan, serta pendidikan bahasa yang baik dan benar,  pada semester kedua ini tugas utama mahasiswa PDB adalah untuk dapat menghasilkan sebuah proyek yang dilatarbelakangi dengan permasalahan masyarakat dan ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Proyek yang dihasilkan juga harus mempertimbangkan pemikiran kritis dan logis agar dapat menghasilkan keluaran yang benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran. Proyek yang dilaksanakan mengambil waktu yang sangat panjang hingga satu semester lamanya. Tidak heran jika keluaran proyek mahasiswa dapat dikatakan maksimal dan begitu mengesankan dan bermanfaat bagi sekitar. Mulai dari proyek yang mengambil latar belakang pemanfaatan limbah, pendidikan emosi, pengentasan bencana, kepedulian sosial, dan masih banyak lainya. 

Berbagai proyek tersebut dipromosikan dalam acara Expo PDB 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023 berlokasi di jalan utama Kampus C Universitas Airlangga. Puluhan stan berjajar dengan rapi mengisi ruas jalan bagian kanan dan kiri. Tidak lupa dengan berbagai hiasan yang turut meramaikan stan tersebut. Antusias mahasiswa juga dapat dilihat dari usaha yang telah mereka berikan dalam mengerjakan proyek, mengemas proyek menjadi suatu hal menarik, hingga menyajikan proyek melalui berbagai media yang ditampilkan pada masing-masing stan. 

Keberagaman latar belakang, keberagaman pemikiran, nyatanya dapat menghasilkan kesatuan tujuan. Terbukti dari pembelajaran PDB yang dilaksanakan oleh universitas airlangga ini dengan berbagai keluaran memuaskan yang dihasilkan. Meskipun Kolaborasi yang dilaksanakan masih dalam lingkup kampus, tidak menutup kemungkinan adanya PDB dapat membentuk kader-kader yang tumbuh menjadi pemimpin yang berintegritas dan membangun Kolaborasi untuk dapat merumuskan solusi bagi permasalahan Indonesia kedepannya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article