Are You a Zetizen?
Show Menu

Perempuan Politik, Cara Asik Mengenal Politik untuk Anak Muda

Perempuan Politik, Cara Asik Mengenal Politik untuk Anak Muda

Zetizen.com – Biasanya Politik identik dengan orang tua dengan pembahasannya yang sulit dimengerti. Ada juga yang bilng kalo Politik itu cuma urusan pemerintahan aja. Hal inilah yang bikin anak muda biasanya nggak familiar sama politik. Namun, berbeda dengan Tsamara Amany. Di usianya yang baru berusia 20 tahun, mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina ini, sudah tertarik dengan Politik dan langsung terjun dalam dunia Politik loh

Tsamara Amany
Tsamara Amany (foto: Tsamara for Zetizen)

 

Dari kecil Tsamara sudah menunjukkan kesukaan pada dunia politik. Namun, dia mulai benar-benar terjun ke dunia Politik ketika magang di kantor Balai Kota Jakarta. “Aku melihat, jika kita berada di pemerintahan, kita bisa membuat kebijakan-kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas," ujarnya. Ketertarikan Tsamara terhadap dunia Politik dapat terlihat dari tulisan-tulisannya. Tapi dia merasa, tulisan yang dia buat hanya sebatas menyadarkan dan menggerakan orang. Tetapi nggak ada hasil nyata yang terlihat.

Dengan pengalaman yang dia punya, akhirnya Tsamara membentuk sebuah organisasi bernama Perempuan Politik bersama teman-temannya. Organisasi ini terbentuk atas keinginan Tsamara memberikan kesadaran dan pendidikan Politik perempuan di Indonesia, khususnya untuk pelajar SMP-SMA di desa-desa. “Karena menurutku, orang kota lebih aware dalam dunia politik. Sedangkan orang-orang di desa masih kurang perduli dengan politik," tambahnya. Tujuan dari organisasi ini untuk mengedukasi dan mengajarkan kalau Politik itu sebenernya nggak serumit yang dibayangkan kok. Bahkan nggak jauh dari kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya aja fenomena vlogger maupun fashion dan kecantikan. Menurutnya, semua itu nggak terlepas dari urusan politik.

“Kita sekarang bisa seru-seruan nge-vlog, bisa dandan bebas, pake baju bebas, itu semua karena keputusan Politik yang membolehkan. Tapi jika keputusan politiknya diubah, undang-undangnya diganti, maka bisa saja nanti kebebasan kita dibatasi,” ujar Tsamara.

Menurut Tsamara keapatisan kita pada Politik ke depannya akan ngerugiin diri kita sendiri. So, sebagai anak muda at least kita perduli sama Politik di Indonesia.

Tsamara dan organisasinya Perempuan Politik (Foto: Tsamara for Zetizen)

Melalui Perempuan Politik, Tsamara ingin membagi ilmunya dengan cara yang fun. Misalnya dengan kegiatan teamwork yang sering dilakukan. Atau beberapa games edukasi biar lebih mudah dipahami. Cara ini dipilih agar tujuan mengedukasi remaja dengan Politik yang sehat bisa benar-benar terwujud.

"Percayalah, Politik bukan hanya milik orang tua. Politik juga milik anak-anak muda yang ingin berkontribusi lebih bagi negerinya," tutupnya.

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article