Are You a Zetizen?
Show Menu

Fleksibel dengan Magang dari Rumah

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 02 Jan 2023
Fleksibel dengan Magang dari Rumah

Zetizen-Saat pandemi seperti saat ini, beberapa aktivitas harus dialihkan di rumah. Mulai bekerja, sekolah, hingga yang terkini Magang dari rumah. Adanya program Magang dari rumah atau remote internship ini bisa jadi alternatif kita untuk tetap produktif di waktu luang meski kegiatannya hanya dilakukan di rumah. Beberapa kegiatan remote internship berikut bisa jadi rekomendasi buat kamu yang pengin merasakan pengalaman Magang dari rumah. (c20/mel)

Buat yang ingin belajar untuk menjadi guru atau suka melakukan kegiatan belajar-mengajar, kamu bisa memilih program Magang yang bergerak di bidang edukasi. Meski secara remote, kamu bisa melakukan kegiatan mengajar dengan bantuan video call atau teleconference seperti Zoom dan Google Meet. Untuk yang masih berkuliah dan sekolah, kamu bisa mencari peluang remote internship ini di organisasi, start-up, atau volunteering program yang bergerak di bidang edukasi.

Menulis adalah salah satu jenis kegiatan yang paling fleksibel. Bahkan, sebelum pandemi, ada beberapa pekerjaan menulis yang memang tidak mengharuskan pergi ke kantor. Peluang pada bidang kepenulisan untuk remote internship bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang mau mengasah skill menulis, terutama bagi content writer dan copywriter. Kamu bisa dengan mudah mencari perusahaan atau organisasi yang membuka peluang remote internship di bidang ini. Sebab, banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkan tenaga penulis konten atau copywriter.

Selain menulis, graphic designer bisa dibilang salah satu pekerjaan yang cukup fleksibel. Dengan berkoordinasi bersama tim lain secara virtual, melakukan remote internship sebagai seorang graphic designer juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang menggeluti bidang ini. Jenisnya juga bermacam-macam. Ada yang graphic designer di bidang sosial media, kebutuhan promosi, atau layout halaman dan buku. Banyak opsi, kan? Kamu bisa mencari peluang menjadi remote internship graphic designer di perusahaan media, agensi, dan industri kreatif lainnya.

Learn From Experiences

Zetizen-Meskipun masih menyandang status pelajar, bukan berarti kamu nggak bisa eksplorasi lebih tentang dunia kerja. Magang bisa jadi salah satu opsi buat kamu yang ingin mencari pengalaman dan merasakan tantangan ketika masuk di dunia kerja. Tiga Zetizen berikut membuktikan bahwaremote internship tetap bisa jadi opsi tepat untuk belajar dan mendapat pengalaman seputar dunia pekerjaan. Let's check their story! (c20/mel)

Beri Kontribusi sambal Dibekali Ilmu

"Ini kali pertama aku ambil program internship secara online. Karena platform tempat aku Magang ini fokus ke beasiswa dan youth leadership, selama Magang aku mendapat materi tentang pengembangan diri dan leadership. Juga ada diskusi dan program mentoring. Jobdesc-ku lebih ke bikin desain untuk social media post dan membuat motion graphic. Senang sih karena bisa dapet kenalan baru meski cuma via online. Waktu kerjanya juga fleksibel. Nyebelinnya sih kayak hari libur atau hari kerja rasanya nggak ada bedanya karena fleksibilitas waktunya itu tadi."

Gerbang Koneksi dan Kesempatan Berkreasi

"Di Indonesia sendiri bisa dibilang masih jarang banget kasih kesempatan Magang buat anak SMA. Tapi, untungnya, aku bisa dapat kesempatan buat ngerasain pengalaman Magang sambil belajar di Kolom Remaja ini. Aku pengin coba kolaborasi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Lewat Magang ini, aku juga bisa ketemu banyak orang hebat yang punya wawasan luas soal kondisi dunia saat ini sekaligus dapat kesempatan kasih output nyata di tempat magang. Kebetulan aku baru kali pertama ini bikin podcast dan berkesempatan bikin di tempat aku magang. Having fun banget sih. Sebab, meskipun Magang secara daring, aku tetap bisa bonding sama peserta Magang lainnya."

Independen dengan Manajemen Waktu

"Aku pengin coba apply Magang di denga perusahaan yang bergerak di bidang start-up dan mengambil social media specialist Waktu yang bertanggung jawab buat mengelola sosial media Jobhun. Karena dilakukan secara online, aku mendapat arahan tugas lewat Zoom atau chat WhatsApp. Kerasa lebih independen aja sih karena kita yang menentukan sendiri deadline pekerjaan. Beda banget sih rasanya sama offline internship dulu yang juga pernah aku ikuti, di mana lebih kerasa bonding dan teamwork-nya."

RELATED ARTICLES

Please read the following article