Are You a Zetizen?
Show Menu

[Zetizen Vote #1dayescape] Team KINGHEAVEN - IBADAH DIATAS LAUT

[Zetizen Vote #1dayescape] Team KINGHEAVEN - IBADAH DIATAS LAUT

Zetizen.com - Awan yang berkabut menyelimuti kenjeran park surabaya, sabtu (25/2). Banyak pengunjung yang datang melihat satu persatu bangunan yang ada di kenjeran park surabaya atau yang lebih dikenal (kenpark). Di dalam isi kenpark ini tak hanya wahana-wahana bermain atau kolam renang saja, disini kenpark juga memiliki bangunan khusus untuk ibadah umat budha. Bangunan dengan dominan bewarna merah ini merupakan ciri khas dari klenteng.

Tak hanya itu keunikan dari klenteng ini juga bangunan yang dibangun diatas laut dan dipinggirnya ada berupa teluk-teluk kecil menjadi salah satu ciri khas klenteng sanggar agung ini, klenteng ini beda dari yang lainnya. Banyak bangunan-bangunan yang dibangun untuk ibadah mungkin letaknya berada di tempat strategis ataupun di tempat yang sekiranya nyaman dan tenang. Klenteng sanggar agung ini terletak di tengah-tengah tempat wisata, jadi di kenpark ini tersedia banyak sekali bangunan bersejarah ataupun wahana permainan tak kalah juga disisi pinggir kenpark terdapat juga laut yang sekarang kondisi nya sudah tidak bersih lagi dan banyak sampah yang berceceran dipinggir laut. Yang dulunya kenpark ini hanya laut biasa dan lama bertambahnya tahun semakin berkembang dan sekarang pun ada wahana baru yaitu atlantis land kenjeran park.

Tak hanya itu ada juga bangunan bersejarah yaitu patung 4 wajah, disana banyak sekali pengunjung yang datang untuk berfoto dengan rekan ataupun keluarga. Tetapi patung ini juga dijadikan sebagai tempat ibadah yang menganut agama budha. Klenteng sanggar agung ini pun merupakan sebuah bangunan tua yang sampai saat ini tetap kokoh dan terjaga meski sudah lama bangunan ini berdiri. Jarak antara patung empat wajah dengan klenteng sanggar agung ini sangatlah dekat. Disekitaran luar pintu masuk ke klenteng banyak orang berjualan disana seperti lontong kupang yang merupakan makanan khas yang selalu ada di kenjeran sih, bakso dan juga uniknya ada yang berjualan burung.

Ada salah satu pengunjung yang mengatakan jika imlek tiba berjejer-jejer penjual burung berjualan. Pasalnya menurut keyakinan mereka kita nanti nya akan membeli burung kepada penjual burung di sekitar, tapi mereka membeli bukan untuk di jadikan sebagai hewan peliharaan, mereka membeli tetapi mereka akan melepaskan burung-burung itu dari sangkar ke alam bebas. Tetapi sebelum dilepas mereka berdoa dahulu baru setelah itu dilepas. Tradisi ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Menurut mereka juga melepaskan burung dapat membuang sial. Dengan ornamen bernuansa bali, banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk berfoto juga dari mulai yang kecil hingga dewasa sangat antusias sekali.

Saat masuk kedalam klenteng di sisi kiri pinggi klenteng terdapat bangunan seperti gazebo yang sangat enak sekali untuk duduk santai menikmati keasrian tanaman sekitar. Saat kita memasuki area-area klenteng bau-bau kemenyan sudah terasa hangat pada penciuman kita. tak hanya pengunjung dari lokal yang tertarik berkunjung di kenpark ini, pengunjung yang berasal dari interlokal pun sangat antusias untuk mengunjungi bangunan yang jarang kita temui di sekitarnya. Banyak spot menarik lainnya yang bisa kita temukan di kenpark ini, selain kita berkunjung untuk rekreasi disini juga terdapat tempat ibadah.

Sayangnya keindahan kenpark kini mulai dikotori dengan sampah-sampah yang berserakan di jalanan, banyak masyarakat yang tidak sadar akan kebersihan. Ini sangat mengganggu kenyamanan pengunjung saat berekreasi. Dari hal yang kecil ini sangat berpengaruh besar terhadap masyarakat lainnya.

by: Yona Kamarullah - SMAN 3 Surabaya

 

M. FIKRI - SMKN 1 SURABAYA - BANGUNAN TUA

 

M. FIKRI - SMKN 1 SURABAYA - BERBEDA TETAP SATU JUA

 

M. FIKRI - SMKN 1 SURABAYA - INILAH KENJERAN SURABAYA

 

ANGGOTA TEAM KINGHEAVEN

ABDULLAH ABDURRAHMAN - MTS AL CHUSNANIYAH SURABAYA

YONA KAMARULLAH - SMAN 3 SURABAYA

MUHAMMAD REZA WAHYU - MTS AL CHUSNANIYAH SURABAYA

MUHAMMAD FIKRI ALFIANSYAH - SMKN 1 SURABAYA

 

FORMAT VOTING:

Login di Zetizen.com - Comment di kolom bawah ini

dengan format

I VOTE FOR KINGHEAVEN

Save

Save

RELATED ARTICLES

Please read the following article