Are You a Zetizen?
Show Menu

Nobar jadi Salah Satu Pembelajaran di Kampus Manajemen Unair

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 17 Apr 2023
Nobar jadi Salah Satu Pembelajaran di Kampus Manajemen Unair

Era Merdeka Belajar kampus merdeka (MBKM) memunculkan berbagai proses pembelajaran yang tidak hanya terpaku di lingkungan kelas di kampus. Aktivitas di luar kampus digerakkan untuk menambah pengalaman mahasiswa menegenai dunia praktis. Dan hal tersebut juga dilakukan di lingkungan Depertemen Manajemen FEB Universitas Airlangga.untuk mendapatkan pengayaan materi praktis di Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga, tidak hanya dilakukan pembelajaran dengan Case Based Learning dan Project based Learning, namun juga dilakukan Activity based Learning salah satunya adalah dengan mengadakan aktivitas Nonton Film Bareng Film bertema manajemen bisnis. Dan kali ini, nonton bareng untuk film “AIR” yang dibintangi pemain film papan atas, yakni Matt Damon, Ben Affleck, Cris Tucker, Viola Davis dan Jason Bateman.

Dr. Gancar C Premananto selaku dosen pengampu di Mata Kuliah Strategi Pemasaran mengajak mahasiswa MM dan MSM untuk melihat film berdasar kasus nyata di dunia manajemen pemasaran tersebut sebagai bahan diskusi bersama di ruang kelas. Hal ini dilakukan oleh Gancar sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas yang memberikan aspek pengalaman bagi mahasiswa selain sebagai bentuk dari edutainment. Film Air sendiri berkisah tentang bagaimana keseruan persaingan antara merk sepatu terkenal dunia yakni NIKE, Adidas dan Converse di pasar sepatu basketball untuk mendapatkan hak endorse bintang basket Amerika Michael Jordan. Salah satu pembelajaran menarik dalam dunia manajemen pemasaran adalah diperlukan sentuhan emosional dan personal untuk bisa mendapatkan hati target pemasaran, bukan hanya sentuhan finansial. Dan juga bahwa 1 orang yang tepat di tempat yang tepat, dapat menjadi sebuah tenaga perubahan luar biasa bagi perkembangan sebuah organisasi.

Dari aktivitas pembelajaran di luar kelas ini, salah satu mahasiswa MM menyampaikan kesannya, “Menonton film seperti ini tentu akan membantu kami refreshing, setelah bekerja dan belajar di kelas. diskusi setelah menonton pun terasa sangat santai namun berbobot.” Bukan pertama kali juga aktivitas Nobar ini dilakukan oleh MM Feb unair yang terakreditasi Unggul di BAN PT dan terakreditasi internasional ABEST21 dan FIBAA, sebelumnya Gancar juga mengajak mahasiswa MM nonton bareng pemasaran untuk film “ FORD vs Ferrari” di tahun 2019.

RELATED ARTICLES

Please read the following article