Are You a Zetizen?
Show Menu

Pengenalan sekolah dari Rumah Aja

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 04 Jan 2023
Pengenalan sekolah dari Rumah Aja

Zetizen-Selain udah memasuki tahun ajaran baru, belajar di sekolah tahun ini benar-benar diisi hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya nih. MPLS aka masa pengenalan lingkungan sekolah pun mau nggak mau dilakukan secara online. Plus minusnya jelas ada ya. So, yuk coba kita dengerin apalkata mereka tentang MPLS Online ini! (c14/lia)

Panitia Harus Putar Otak

Sebagai panitia, kami harus benar- benar merombak seluruh konsep untuk MPLS Online ini dari awal sampai akhir. Kami juga bertugas memperkenalkan dan memublikasikan sekolah dengan membuat video pengenalan sekolah supaya adik- adik mengetahui sekolah kami seperti apa. Dari segi panitia, enaknya kami lebih mudah mengoordinasikan peserta didik baru dan nggak terlalu menguras tenaga karena semua bisa dikendalikan lewat media sosial.

Menurutku, MPLS Online bukan nggak seru banget sih. Cuma, rasanya ada yang kurang karena nggak bisa bertatap muka dan having fun bareng secara langsung. Tapi, MPLS Online emang lebih santai. Misalnya, peserta didik baru bisa pakai atasan seragam lengkap rapi, tapi bawahannya ternyata pakai celana tidur. Hi hi."

Canggung karena Nggak Ketemu Langsung

Selama MPLS, kami dapat materi tentang perkenalan para guru, tata tertib, dan aturan sekolah. Untuk hari terakhirnya, kami diputarkan video promosi ekstrakurikuler. Karena kami nggak bisa ketemu sama teman dan nggak bisa kenalan langsung, rasanya MPLS Online kurang ngena dan bikin kami masih canggung. Kasihan juga kakak gugusnya. Rasanya, MPLS jadi garing karena kami belum kenal satu sama lain.

Elts, tapi banyak kejadian lucu nih selama MPLS online, terutama pada hari pertama. Banyak di antara kami yang belum tahu cara pakai aplikasi Zoom. Jadi, banyak yang nama penggunanya masih sesuai dengan merek smartphone masing-masing. Akhirnya, kakak gugus mau nggak mau manggil pakai nama merek karena namanya belum diubah. Kocak banget sih!"

Seru dan Ngerasa Spesial daripada Tahun Sebelumnya

MPLS online emang ada seru dan nggak serunya sih. Sebenarnya semua materi sama, tapi sekarang diberikan secara virtual. Meski begitu, MPLS Online di sekolahku seru banget. Bahkan, ada salah seorang alumnus yang join Zoom MPLS kami saat sesi Alumni Menyapa. Selain itu, kami ngerasa nggak boring karena kakak-kakak pendamping sering bikin icebreaking di sela-sela materi.

Meski nggak bisa berinteraksi dengan teman, nggak bisa lihat sekolah, dan bahkan nggak bisa lihat demo ekskul secara langsung, kami ngerasa aman karena nggak perlu keluar rumah dan khawatir terkena Covid-19. Sebagai angkatan pertama yang menjalani MPLS secara online, kami merasa bangga. Soalnya, ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Which is, akan jauh lebih terkenang."

Starterpack MPLS Online

Zetizen-Meski MPLS online dilakukan di rumah, kamu tetap harus prepare hal-hal penting loh. Selain notebook dan peralatan utama lainnya, beberapa hal di bawah ini udah kamu siapin belum? (c14/lia)

Namanya juga MPLS online, kuota menjadi alat perang utama yang harus kamu siapkan. Tapi, pastikan juga jaringannya stabil agar kamu nggak kehilangan koneksi selama materi berlangsung ya. Jangan sampai, di sela-sela kakak panitia ngomel-ngomel, gambarnya patah patah. Kamu malah ngakak dan nggak jadi takut.

Kamar udah paling benar deh menjadi tempat buat ikutan MPLS online. Ruangan tertutup akan bikin kamu lebih fokus selama dengerin materi yang diberikan. Selain itu, ruangan tertutup biasanya bakal lebih kedap suara. Kan nggak lucu kalau di tengah MPLS Online ada yang nyelonong masuk atau ada yang teriak-teriak dari luar ruangan.

Biasanya, kamu akan duduk lebih lama nih selama MPLS online. Meski baju atasan harus sesuai dengan peraturan alias rapi dan berseragam, pastikan kamu. pakai bawahan yang nyaman supaya bebas bergerak kalau mulai pegal. Celana tidur? Nggak masalah. Chill aja.

RELATED ARTICLES

Please read the following article