Are You a Zetizen?
Show Menu

[Zetizen Vote #1dayescape] Team Zetiqu - One Day, We Know More

Zetizen Zetizen 04 Mar 2017
[Zetizen Vote #1dayescape]  Team  Zetiqu - One Day, We Know More

Zetizen.com - “Hallo nama kamu siapa?” ujar Alice, salah satu siswa SMAN 9 Surabaya. Pertanyaan itu yang selalu aku dengar di meeting point, Atlantis. Sabtu, 25 Februari 2016, merupakan hari yang mengesankan bagiku dimana aku akan bertemu dengan teman-teman jurnalis baru di sebuah event. Ya, event itu bernama Zetizen #1dayescape yang diadakan oleh crew Zetizen yang berlokasi di Pantai Kenjeran, Surabaya.

Tema Zetizen #1dayescape ini yaitu Wanderlust yang maksudnya Zetizen mengajak travelling dengan menonjolkan sisi unik dan artsy di Surabaya. Seperti yang kita ketahui, Pantai Kenjeran atau yang sering disebut KenPark merupakan salah satu destinasi yang berlokasi di Surabaya. Pantai ini terletak di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya sekitar 9 km dari pusat kota.

Nama kenjeran diambil dari nama wilayah setempat. Disini pengunjung bisa melihat Klenteng beserta patung naga dan patung dewa, Kya-kya, Patung Buddha, Pacuan Kuda dan lain-lainnya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Surabaya, seperti lontong balap, lontong kupang, sate kerang, dan sebagainya. Disini pengunjung juga akan menemui berbagai ikan segar, ikan asin, kerupuk udang, dan berbagai cindera mata khas Surabaya yang cantik hasil dari industri rumah tangga.

Aku menghabiskan waktu 2 jam dijalanan dari SMAN 3 Sidoarjo ke Pantai Kenjeran. Sesampainya disana, aku melihat keadaan sekitar yang sangat berubah. Dahulu saat aku masih kelas 5 SD, tempat ini kurang tertata rapi dan juga terlihat gersang. Setelah 6 tahun berlalu, ternyata tempat ini sudah tertata rapi dan bersih meskipun bagian belakang masih kotor. Tentunya, perubahan ini terjadi karena kerja keras dari Pemerintah Surabaya dan juga masyarakat yang turut serta membantu untuk membuat Pantai Kenjeran lebih baik.

Sambil mengamati, aku mempercepat langkahku ke tempat meeting point, Atlantis. Aku merasa sangat senang sekali karena bertemu teman-teman baru disana. Tak lupa, aku menghampiri kakak Zetizen untuk absensi dan menanyakan dimana kelompokku berada. “Yess!!” ucapan senang dalam hatiku karena aku telah menemukan kelompokku, kelompok 12. Di kelompok 12 ini, aku berkenalan dengan Lintang, seorang siswi SMAN 13 Surabaya sebagai divisi writer. Aku juga berkenalan dengan kelompok lain, ada Alice, Thyra, Lintang, Ardie, Calvin, Daniel, Novita, dan lain-lainnya.

Ternyata Alice, Thyra, Lintang, Ardie, dan Calvin merupakan Jurnalis Zetizen Con 2016. Rasanya senang sekali bisa berkenalan dengan mereka yang sudah mempunyai pengalaman lebih banyak daripada aku. Saat hunting akan dimulai, ternyata yang hadir hanya 2 di kelompokku sehingga aku dipindahkan ke kelompok 9. Di kelompok 9 ini aku bersama Venni, Velin, Fanani, dan Novita. Sebelum memulai hunting, kami diberitahu untuk membuat nama kelompok. Setelah berunding beberapa menit akhirnya kami menemukan nama yang tepat yaitu ZetiQu. Apasih ZetiQu itu? ZetiQu merupakan kepanjangan dari Zetizen sQuad. Nama ZetiQu muncul karena kami semua merupakan Zetizen dan sQuad sendiri mempunyai arti regu atau pasukan.

Setiap kelompok diberi kantong plastik besar bewarna hitam untuk mengais sampah yang ada disekitar Kenjeran oleh kakak LO. Hal ini bertujuan untuk ikut serta membuat Kenjeran asri, indah, dan bersih. Di kelompok 9, kami dibimbing oleh kakak LO yang bernama kak Vita. spot pertama adalah Pagoda, disana kami foto bersama dengan membawa banner yang telah disediakan oleh crew Zetizen.

Setelah berfoto, kami melanjutkan ke spot lainnya seperti  Klenteng Sanggar Agung, Patung Buddha, Pantai Kenjeran dan lain-lainnya. Sambil menikmati perjalanan, tak lupa aku bertanya kepada orang-orang sekitar tentang spot bagus di Pantai Kenjeran ini. “Paling bagus Klenteng Sanggar Agung mbak, Klentengnya itu dibangun sudah dari dulu” kata Ibu Nur Aini seorang penjual makanan di pinggir Pantai Kenjeran. Aku pun mencoba mewawancarai seorang anak perempuan kecil yang cantik dan imut. “Yang bagus itu Klenteng” ujar Sofa dengan tertawa kecilnya.

Aku coba mencari narasumber lain untuk menanyakan spot apa yang paling bagus di Pantai Kenjeran ini. Jawaban sama dari narasumber lain, spot yang paling bagus adalah Klenteng Sanggar Agung. Kuil ini, selain menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan. Klenteng ini dibuka pada tahun 1999. Klenteng Sanggar Agung memang menarik dan indah karena terdapat patung naga beserta patung dewa serta tata letak klenteng yang mengarah ke laut menjadi nilai tambah.

Tidak tahu mengapa saat melanjutkan perjalan, tiba-tiba aku tersihir oleh salah satu spot yang memiliki atap runcing nan megah yang berada di sudut Pantai Kenjeran, yaitu Patung Buddha Empat wajah atau yang disebut four faced. Patung Buddha ini seakan memberi pesona tersendiri diantara berbagai keindahan lainnya. Patung ini menempati bangunan semacam stupa, dimana sang Buddha duduk di takhtanya.

Patung Buddha memiliki empat wajah yang menghadap ke empat arah mata angin dan melambangkan empat sifat yang baik dari Sang Buddha, yaitu pengasih, murah hati, adil, dan meditasi. Patung tersebut memiliki delapan tangan. Hal ini tentu melambangkan kehadiran dan kekuatan Sang Buddha. Terlihat disana salah satu dari tangan kanan memegang dada, sedangkan di tiga tangan kanan yang lain memegang cupu berisi air suci, tongkat kebesaran dan cakram (sejenis senjata berbentuk piringan). Air suci merupakan pelambang energi penciptaan semesta. Sedangkan tangan kiri patung ini terlihat sedang memegang tasbih, teratai, kitab suci, dan kerang. Teratai merupakan lambang kekuatan yang memunculkan alam semesta. Bangunan ini juga dikelilingi oleh 4 pilar, yaitu hijau emas yang terdiri dari  bagian atpa, patung Buddha dan singgasana Buddha.

O iya, patung Buddha ini diresmikan pada 9 November 2004. Patung ini juga memiliki kemiripan dengan patung Buddha yang berada di Bangkok, Thailand yang terkenal dengan nama Phra Phrom. Ternyata, bangunan ini dinyatakan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung tertinggi di Indonesia.

Pantai Kenjeran memang sudah menjadi salah satu pantai andalan wisata kota Surabaya. Pantai yang terkenal dengan tempat melihat matahari terbit ini memiliki obyek-obyek wisata tambahan lainnya seperti hutan bakau, juga ada Klenteng Sanggar Agung dengan patung raksasa Dewi Kwan Im serta Patung Naga dan Pagoda Tian Ti. Semua itu berada di Pantai Kenjeran, Surabaya. Selain dapat melihat keindahan, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner dari penjual makanan yang sangat beragam. Mata segar, perut puas!


by: Angela Esterline Panjaitan-SMAN 3 Sidoarjo

Velina Vian - SMKN 6 Surabaya
Velina Vian - SMKN 6 Surabaya

 

ANGGOTA TEAM ZETIQU

ANGELA ESTERLINE - SMAN 3 SIDOARJO (WRITER)

VENNI TANUJAYA - SMPN 1 WARU SIDOARJO (WRITER)

DANIEL ALBERT - SMP ANAK BANGSA (PHOTOGRAPHER)

VELINA VIAN - SMKN 6 SURABAYA (PHOTOGRAPHER)

STEFANI NOVITA - SMP MUH. 17 PLUS SURABAYA (VIDEOGRAPHER)

 

FORMAT VOTING:

Login di Zetizen.com - Comment di kolom bawah ini

dengan format

I VOTE FOR ZETIQU

RELATED ARTICLES

Please read the following article