Are You a Zetizen?
Show Menu

Rasakan Pertemuan Penting Internasional

Narendra Mg Narendra Mg 10 Jan 2022
Rasakan Pertemuan Penting Internasional

HUBUNGAN internasional merupakan salah satu program studi yang ada di rumpun sosial dan humaniora. Sebuah ilmu yang mempelajari hubungan antar negara . Termasuk peran sejumlah negara, organisasi antar pemerintah, organisasi nonpemerintah internasional, organisasi nonpemerintah, dan perusahaan multinasional. Sounds cool! hubungan internasional berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional. Yakni, isu-isu global. 

’’Dulu aku memilih jurusan hubungan internasional karena tertarik dengan dunia politik dan sosial. Aku ingin tahu lebih dalam mengenai hubungan Indonesia dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Tiongkok,’’ ujar alumnus Hubungan internasional UPN Veteran Yogyakarta Harida Aina Fadhila. Wah, cocok nih buat kamu yang tertarik mengetahui relasi suatu negara dengan negara lainnya.

Apa yang dibahas di bidang studi ini nggak jauh-jauh dari kebijakan, organisasi, hingga lingkungan hidup suatu negara. Mahasiswa akan mempelajari ilmu politik, ilmu hubungan internasional, organisasi, rezim internasional, sistem hukum Indonesia dan internasional, teori negosiasi, teori resolusi konflik, ekonomi global, hingga simulasi negosiasi internasional. Mahasiswa hubungan internasional juga belajar mengenai apa saja persiapan yang dilakukan suatu negara dalam kunjungan negara. 

’’Kamu akan merasakan dan dilatih untuk melakukan sidang seperti PBB, kemudian memberikan pendapat tentang konflik yang dibahas. Pastinya seru sekali!’’ ungkap Harida. Lulusan hubungan internasional tidak melulu bekerja di Kementerian Luar Negeri. Banyaknya bidang yang dipelajari tentu membuka peluang kerja yang luas bagi lulusannya. ’’Kita bisa bekerja di berbagai bidang, lho. Misalnya, menjadi penganalisis, negosiator, banker, aktivis organisasi HAM, bekerja di kedinasan, sampai bekerja di perusahaan atau start-up,’’ jelas lulusan asal Rembang, Jawa Tengah, itu. 

Menguasai bahasa asing menjadi nilai plus ketika bekerja di bidang HI. Eitts, nggak terkecuali saat masih berkuliah. Sebab, kebanyakan buku dan jurnal yang digunakan menggunakan bahasa asing. No worries! Bahasa asing bisa kamu pelajari sambil jalan.

’’Teruntuk teman-teman yang sedang belajar hubungan internasional, perdalam lagi skill yang didapat dengan ikut pelatihan seperti event MUN dan sertifikasi. Itu akan meningkatkan kualitas diri kamu saat melamar pekerjaan nantinya. Jangan khawatir kalau kamu merasa kurang pede dengan kemampuan public speaking atau negosiasi, kalian akan mempelajarinya dari dasar di kuliah,’’ pesan Harida. (elv/c12/lai)

Lulusan HI Jadi Apa?

Duta Besar
Prospek kerja paling bergengsi dari lulusan hubungan internasional. Kamu bisa menempati posisi sebagai duta besar atau diplomat. Nah, tugasmu adalah menjaga hubungan antarnegara dan melindungi WNI di negara tempatmu bertugas. Kamu juga harus merepresentasikan negaramu di negara tujuan.

Jurnalis
Lulusan hubungan internasional pastinya terlatih berpikir kritis, analitis, dan selalu update terhadap perkembangan dunia. Kemampuan itu dibutuhkan untuk melakukan investigasi dan reportase, terutama terkait dengan isu dunia.

Konsultan Internasional
Konsultan internasional berperan sebagai penasihat untuk mencegah dan menyelesaikan konflik antarnegara. Kamu bisa bekerja dengan klien dalam proyek spesifik seperti bidang manajemen, sumber daya manusia, teknik, dan IT.

Government Relations Officer
Tenaga bidang hubungan internasional dibutuhkan di perusa haan asing yang bekerja di Indonesia. Tugas nya menghubungkan klien dengan pemerintah. Sebagai government relations officer, kamu akan berdiskusi dengan para politikus di berbagai tingkat terkait dengan pembuatan kebijakan bisnis klien. (elv/c12/lai) 

RELATED ARTICLES

Please read the following article