Are You a Zetizen?
Show Menu

Kontribusi Lewat Komunitas

Narendra Mg Narendra Mg 10 Feb 2022
Kontribusi Lewat Komunitas

Zetizen-Gabung komunitas bisa memberikan banyak pengalaman menarik. Dari bertemu orang baru, bertukar pikiran, hingga self development. Kalau kamu tertarik berteman dengan anak muda dari negara lain dan belajar budaya mereka, join aja di komunitas internasional. Well, komunitas internasional berikut mungkin cocok sama kamu. (elv/c12/lai)

ASEAN Youth Friendship Network (AYFN)
Komunitas yang dikenal dengan singkatan AYFN itu memfasilitasi anak muda di Asia Tenggara untuk menjalin persahabatan. AYFN berdiri sejak 2010 di Jogjakarta. Ada banyak program yang bisa kamu ikuti seperti kamp ke luar negeri, beasiswa pertukaran pelajar, serta workshop menarik.

Mereka pernah mengadakan intercultural camp ke Vietnam, Filipina, Thailand, dan negara lainnya! Kamu bisa pantau Instagram @ayfnacademy untuk informasi lebih lanjut biar nggak ketinggalan pendaftarannya.

Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI)
Sebuah program yang diinisiatori presiden Amerika Serikat pada 2013. YSEALI didirikan untuk melatih skill kepemimpinan dan menjalin hubungan antara negara di Amerika Serikat dan negara ASEAN.

YSEALI juga mengadakan academic fellowship, sebuah program pertukaran pelajar ke Amerika. Kamu berkesempatan mengikuti perkuliahan intensif di salah satu universitas di Amerika, lho!

Model United Nation (MUN)
Meskipun MUN identik dengan jurusan hubungan internasional, organisasi ini selalu terbuka untuk semua jurusan. MUN merupakan konferensi simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang terdiri atas beberapa dewan.

Anak muda dari seluruh dunia mengikuti kegiatan tersebut untuk belajar berpendapat, diplomasi, dan berdiskusi menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan isu global. Ada beberapa kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun. Di antaranya, Asia Youth Internasional MUN (AYIMUN), Asia World MUN (AWMUN), dan Global Millennial MUN.

International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS)
IAAS merupakan asosiasi mahasiswa pertanian terbesar di dunia. Diikuti 53 negara anggota serta lebih dari 10.000 anggota aktif.

Tujuan asosiasi itu adalah mempertemukan pelajar dari berbagai negara buat saling bertukar gagasan. Mereka mengadakan program pertukaran pelajar, campaign, dan youth agricareture. Ada juga IAAS Summit yang mempertemukan peserta dari tiap negara untuk berinovasi bersama. Buruan deh cek website iaasworld.org!

AISEC
Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales atau AISEC merupakan salah satu organisasi anak muda terbesar di dunia. AISEC fokus dalam pengembangan potensi kepemimpinan dan pemahaman lintas budaya. AISEC berdiri sejak 1948 di lebih dari 120 negara.

Kamu bisa ambil peran dalam kerelawanan, mengajar di negara lain, dan magang di AISEC berbagai negara, lho! Bidang kerelawanannya, antara lain, kesetaraan gender, pendidikan, kesehatan, serta lingkungan. Cuss kepoin sendiri di website aiesec.org.

Pilih Yang Kamu Banget!

Apa hobi kamu?
A. Membaca buku
B. Mendaki gunung
C. Mendengarkan musik

Ke mana kamu pergi saat ingin rileks?
A. Perpustakaan
B. Pegunungan
C. Studio lukis

Mana yang ingin kamu wujudkan?
A. Kesetaraan pendidikan di seluruh daerah
B. Alam yang asri dan bersih
C. Menjadi seniman internasional

Apa negara favoritmu?
A. Belanda
B. Indonesia
C. Prancis

Komunitas Pendidikan dan Literasi
Dengan mengikuti komunitas pendidikan dan literasi, kamu turut berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Di sini kamu bisa mengasah bakat menulismu. Kamu juga bisa saling berbagi bacaan, bertukar pikiran, dan menambah wawasan baru.

Komunitas Alam
Kecintaan pada alam menyatukan orang-orang dengan minat yang sama untuk menikmati dan menjaga alam. komunitas ini terbagi dalam beberapa bidang, dari menjelajah hingga melestarikan. Kamu bisa berdampak sambil
jalan-jalan. Sounds good!

Komunitas Seni
Hai, art lover! komunitas seni bakal memper temu kanmu dengan mereka yang memiliki ketertarikan di dunia seni. Kamu juga jadi punya wadah untuk menyalurkan bakatmu dan belajar bersama. (elv/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article