Are You a Zetizen?
Show Menu

OKK UI 2017: Hadirkan Inspirasi Lewat Orientasi

OKK UI 2017: Hadirkan Inspirasi Lewat Orientasi

 

Zetizen.com - Jumat dan Sabtu (11-12/8) lalu, Gedung Balirung Universitas Indonesia dipenuhi ribuan mahasiswa baru. Yap, Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) UI kembali hadir tahun ini. Tampil beda, pembukaan masa orientasi ini mengusung tema kerajaan Mahameru dengan tajuk “Semangat Satu UI”. Seperti tahun lalu, OKK UI menghadirkan beberapa pembicara yang penuh inspirasi.

Di hari pertama, pembicara berusia muda menceritakan perjalanan karirnya. Seperti Iman Usman sang co-founder situs Ruangguru.com, Miftah Nur Sabri yang merupakan pendiri Selasar.com, dan Gerald Sebastian selaku co-founder akun Youtube Kokbisa. Sedangkan di hari kedua, giliran pejabat negara yang memberikan materinya. Yakni, Menteri Ekonomi Sri Mulyani, Kepala Bappenas Prof. Bambang Brodjonegoro, dan Ibu Tri Rismaharini sang walikota Surabaya. Selain itu, ada pula penampilan istimewa dari Kunto Aji.

 

Iman Usman di panggung OKK UI 2017. Credit : Gilang/Zetizen Team

 

Di acara yang dihadiri 8.000 mahasiswa baru UI ini, Iman Usman menceritakan pengalamannya. Kekhawatirannya terhadap kualitas pendidikan di Indonesia membuatnya membuat situs belajar mengajar. Selanjutnya ada motivasi dari Miftah Nur Sabri yang mengatakan bahwa anak muda harus rela untuk menderita untuk menjalani passion-nya. Sebab, kata passion berasal dari bahasa latin “patio” yang artinya menderita. Sedangkan menurut Gerald Sebastian, para mahasiswa baru harus menyeimbangkan kehidupan kampus dan kehidupan sosial.

 

Miftah Nur Sabri selaku CEO Selasar.com berpendapat bahwa passion adalah segalanya . Credit : Gilang/Zetizen Team

 

Di hari kedua, ada pembahasan mengenai maraknya aksi bunuh diri. Menggaet komunitas Into The Light, topik pencegahan bunuh diri dibahas. Sebagai generasi muda, kita harus saling memberi dukungan agar kondisi mental terjaga. Acara ditutup dengan bincang-bincang bersama Sri Mulyani dan Bambang Brodjonegoro. Mereka berpesan agar mahasiswa senantiasa respect kepada siapapun dan dapat memanfaatjkan masa kuliah di UI dengan baik, agar bisa menjadi manusia berbangsa.

Kemasan masa orientasi yang menginspirasi dan jauh dari unsur bullying memang menjadi ciri khas OKK UI. Menurut Aditya Anshori, salah seorang mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, acara OKK ini seru banget. "Pembicara OKK menurutku orang-orang yang hebat. Aku jadi terinspirasi supaya berprestasi kayak mereka," ujarnya. Yap, sekarang giliran kita untuk nggak cuma terinspirasi, namun juga bikin prestasi. Sampai ketemu di OKK UI tahun depan, ya!

 

Editor: Vera Khair

RELATED ARTICLES

Please read the following article