Are You a Zetizen?
Show Menu

Gerakan Komunitas Beatbox

Gerakan Komunitas Beatbox

 

Zetizen.com- Belakangan, komunitas beatbox makin berkembang di setiap kota. Tidak hanya mengenalkan beatbox lewat ­street performance, mereka juga punya program tersendiri. Hal ini dilakukan agar beatbox makin dikenal dan diminati. Kenalin nih, beberapa komunitas beatbox yang pergerakannya udah makin terlihat.

Beatbox Of Jogja (BEJO)

Komunitas satu ini gebrakannya cukup mengejutkan. Mereka telah membuktikan bila kompetisi beatbox mampu dibuat dalam skala nasional. Ya, gathering terbesar, Java beatbox Festival mampu menarik komunitas beatbox dari seluruh wilayah Indonesia berkumpul. Nggak main-main, mereka mendatangkan Alem, Beatboxer asal Prancis, juara di Battle beatbox Word Championship 2015 lalu. Selain itu, BEJO juga rutin mengadakan diskusi scene beatbox Indonesia dan Internasional.

Surabaya beatbox Community (SB2C)

Komunitas ini awalnya dibentuk para pelajar dari berbagai sekolah yang suka musik hiphop. Selain konsisten mengadakan gathering komunitas se-Jawa Timur, SB2C juga aktif berkolaborasi dengan komunitas lain untuk membantu pergerakan sosial. Karena itu, tidak salah bila komunitas ini menjadi pelopor munculnya ekskul beatbox di beberapa sekolah. Awal tahun kemarin, mereka juga sukses mengadakan battle beatbox U-18 yang pesertanya adalah para pelajar dari berbagai sekolah se-Jawa Timur.

Freak Power Beatbox

Seorang beatboxer tanpa skill bermusik yang lain tentu akan kesulitan untuk menampilkan performance dengan kualitas maksimal. Oleh karena itu, komunitas ini punya beberapa program seperti Freak Power Accustical. Program ini merupakan program untuk mempermudah anggotanya bisa menampilkan penampilan selain beatbox. Ada juga beatbox Adventure, yakni program gathering yang diadakan di beberapa wisata di Bukittinggi. Acara beatbox jadi nggak membosankan dan bisa diperhatikan pemerintah.

 

Penulis: Purnama Edi

RELATED ARTICLES

Please read the following article