Are You a Zetizen?
Show Menu

Kamu Lolos SBMPTN? Yuk, Persiapkan 4 Hal Ini Dari Sekarang!

Nourma Vidya Nourma Vidya 17 Jun 2017
Kamu Lolos SBMPTN? Yuk, Persiapkan 4 Hal Ini Dari Sekarang!

Zetizen.com - It’s the day! Setelah berjuang dan menunggu, hasil SBMPTN akhirnya diumumkan. Buat kamu yang berhasil lolos, we truly congratulate you guys! Ciee, udah selangkah lebih dekat aja nih menuju status mahasiswa. Merasa happy dan bangga sih boleh, tapi jangan kelamaan juga ya larut dalam euforianya. Masih ada banyak banget hal nih yang harus segera kamu persiapkan. Apa aja kira-kira?

Persiapkan Keperluan Daftar Ulang

Persiapkan Keperluan Daftar Ulang

Buruan ikuti prosedur daftar ulang di laman resmi kampusmu ya! (Twitter)

Setelah dipastikan lolos SBMPTN, maka first step yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan buat daftar ulang. Hampir semua universitas punya alur yang kurang lebih sama. Yang harus kamu lakukan pertama kali nih, adalah segera cek laman website resmi dari universitas tempatmu diterima.

Di laman website ini, ikuti aja prosedur daftar ulang buat mahasiswa SBMPTN. Kamu bakal disuruh mengisi form registrasi online sedetail mungkin, juga mengunggah berkas-berkas yang ditentukan. Biasanya nih, berkas yang di-upload kayak ijazah, SKHUN, foto diri, foto copy kartu keluarga, dll. Biar makin jelas, nih kita cantumkan laman website dari beberapa universitas. Segera cek dan ikuti prosedurnya ya!

UI // UGM // ITB // ITS // Unair // Unpad // Undip // UNS

Perhatikan Urusan UKT dan Catat Tanggal-Tanggal Penting

Perhatikan Urusan UKT dan Catat Tanggal-Tanggal Penting

Tiap universitas punya jadwal daftar ulang yang beda, jangan sampai kelewatan (Pinterest)

Setelah selesai melengkapi form online, tugas selanjutnya mengurus Uang Kuliah Tunggal (UKT). Yes, setelah kamu mengisi data, universitas bakal menentukan besaran UKT yang harus kamu bayar. Kalau udah keluar, maka kamu harus segera bayar UKT ke bank-bank yang udah ditentukan.

Eits, tapi tiap universitas punya jadwal alur yang beda-beda. So, pastiin kamu selalu mencatat tanggal-tanggal penting yang ada. Mulai dari batas waktu pengisian form online, tanggal pengumuman UKT, batas waktu pembayaran UKT, sampai tanggal daftar ulang secara langsung di kampus. Catat baik-baik dan jangan sampai kecolongan, ya!

 

Cari Link Teman-Teman Jurusan

Cari Link Teman-Teman Jurusan

Makin cepat kenal teman jurusan, sharing info juga makin gampang (Odysseyonline)

Namanya prosedur daftar ulang, kadang emang cukup rumit dan membingungkan. Kalau udah gini, kamu pasti butuh banget deh sharing info sama teman-teman satu jurusan. Don’t worry, biasanya kakak tingkat udah berinisiatif kok membantu jaringan komunikasi para maba.

Mereka biasanya bakal kasih info grup Line atau Whatsapp buat para maba, di akun sosmed official jurusan. Makanya, buruan deh kepoin akun Instagram, Twitter, atau Facebook jurusanmu. Atau cara lain nih, kamu juga bisa iseng-iseng mengetik nama jurusan dan universitas di sosmed. Pasti kan banyak tuh teman yang update, jadi dijamin kamu bisa ketemu deh sama calon teman sejurusanmu nanti!

Mulai Hunting Kos Buat Perantau

Mulai Hunting Kos Buat Perantau

Kos bakal jadi rumah keduamu, jangan sampai dapat yang salah! (Mahasiswanews)

Kalau yang satu ini, wajib banget segera dipikirkan buat kalian yang merantau. Walaupun tanggal masuk masih jauh, tapi masalah hunting tempat kos ini nggak bisa diremehin loh. Secara nih ya, maba yang merantau pasti melakukan yang hal yang sama. So, biar kamu bisa dapat kamar dan harga yang cocok kamu harus cari-cari dari sekarang. Kamu bisa cari kos dengan bantuan aplikasi-aplikasi kos berikut ini nih. 

Mamikos // Cari-Kos // Infokost // Ibilik 

So, have a great day preparing your college life!

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article