Are You a Zetizen?
Show Menu

Masa Orientasi Seru dalam OKK UI 2016

Zetizen Zetizen 17 Aug 2016
Masa Orientasi Seru dalam OKK UI 2016

 

Zetizen.com – Siapa bilang masa Ospek selalu dijadikan ajang “ngerjain” mahasiswa baru? Buktinya, dalam Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) yang diselenggarakan 12-13 Agustus lalu, Masa Orientasi diisi dengan kegiatan penuh manfaat. Mengangkat tema “Rayakan Kontribusimu”, OKK UI benar-benar memberi pengenalan kegiatan kampus yang sesungguhnya.

OKK UI merupakan ajang kaderisasi sekaligus orientasi mahasiswa baru UI. Tujuannya menginspirasi  mahasiswa untuk melakukan hal-hal kecil yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar dan Indonesia.

Universitas Indonesia mengemas Masa Orientasi ini secara fun. Para alumnus UI bahkan diundang sebagai pembicara talkshow yang menginspirasi. Alhasil, Gedung Balairung UI ramai oleh tepuk tangan 7.314 mahasiswa baru.

Salah satu alumnus yang hadir adalah Alfatih Timur, founder dan CEO situs penggalangan dana online, kitabisa.com. Alumnus FEB-UI tersebut menceritakan kisahnya yang berhasil menyelesaikan kuliah sambil merintis website-nya. Sampai sekarang, sebanyak Rp. 7 Miliar dana berhasil disalurkan melalui website tersebut. Wih! “Saya sudah melakukan banyak hal, dan saya menyadari yang membuat saya bahagia adalah dengan melihat orang lain bahagia. Dan salah satu caranya adalah dengan membantu mereka dengan apa yang kita bisa,” ujarnya.

 

Para narasumber seperti Anies Baswedan dan Najwa Shihab berfoto bersama dengan panitia OKK UI. Credit: Pubdok OKK UI for Zetizen

 

Juga turut hadir Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan dan Najwa Shihab. Selama talkshow, mereka sama-sama bercerita kisah awal menjadi mahasiswa baru di kampus masing-masing. Anies berpendapat bahwa orientasi pada waktu itu dan masa sekarang sudah berbeda. Banyak panitia yang sudah mulai smart dengan mengkonsep kegiatan positif bagi mahasiswa baru. Baginya, membuat Ospek yang menunjukkan sikap pembelajar dan bermartabat merupakan poin penting bagi orientasi yang ideal.

 

“Karena namanya orientasi, maka sifatnya harus benar-benar pengenalan dengan tidak disertai perpeloncoan” -Anies Baswedan

 

Najwa Shihab yang juga alumnus FHUI menyampaikan beberapa indikator orientasi yang ideal. Baginya, OKK UI yang menghadirkan tokoh-tokoh inspirator kepada mahasiswa baru merupakan langkah yang tepat. Orientasi yang menginspirasi akan membuat mahasiswa  baru dapat berfikir dan membuat rencana akan apa yang mereka lakukan ketika menjalani perkuliahan. “Intinya, orientasi harus membuat mahasiswa baru merasa nyaman memulai hidup barunya sebagai mahasiswa,” jelasnya.

 

Anies Baswedan dan Najwa Shihab sharing masa orientasinya dulu kepada para maba UI. Credit: Pubdok OKK UI for Zetizen

 

Selain talkshow¸ rangkaian acara OKK UI juga diisi oleh berbagai kegiatan positif yang jauh dari kata perpeloncohan. Mulai sesi mentoring, penyusunan roadmap tujuan hidup, hingga penulisan mimpi dalam time capsule box. Mahasiswa baru diajak untuk menuliskan mimpinya dalam selembar kertas yang dikumpulkan dalam sebuah kotak yang nantinya akan dibuka ketika mereka wisuda. Seru ya, guys?

Seluruh rangkaian acara OKK UI ditutup dengan dinamika angkatan dengan membuat gambar kontur wilayah Indonesia di lapangan Rotunda Universitas Indonesia. Lewat acara ini, panitia berharap para mahasiswa baru nggak pernah lupa akan status mahasiswanya untuk terus berperan dan berkontribusi untuk UI dan Indonesia. Sip deh! (dmp/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article