Are You a Zetizen?
Show Menu

Belajar Maksimal dengan Study Space Personal

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 18 Jan 2023
Belajar Maksimal dengan Study Space Personal

Zetizen-Pernah ngerasa bosan karena harus belajar dalam waktu yang lama? Ini saatnya kamu menciptakan study space-mu sendiri. Karena study space aka area khusus untuk kegiatan belajar ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas belajarmu. Bersama Fahmi Muhammad, salah seorang desainer interior, gini nih cara menciptakan study space pribadimu. (c12/lia)

Pemilihan Furnitur Yang Tepat

Ukuran ergonomis standar meja untuk individu dengan laptop adalah 100 x 75 cm dengan ketinggian 75 cm. Sementara itu, untuk kursinya sendiri, kamu bisa pilih ukuran 45 x 45 cm dengan ketinggian dudukan 45 cm. "Namun, setiap work. space individu berbeda karena harus menyesuaikan jenis gadget yang ada. Seperti contoh pekerjaan yang memerlukan keakurasian gratis yang tinggi, umumnya: memerlukan 2 layar monitor sehinggal ukuran meja kerja lebih besar," ujar Fahmi, Usahakan kamu memilih furnitur kursi berbahan empuk dengan sandaran yang dapat diatur. Hal ini meminimalkan kelelahan saat kita bekerja dalam waktu yang lama.

Ciptakan Vibes Sesuai Karakter

"Agar lebih produktif, buatlah study space yang nyaman dan personal sesuai dengan karakter setiap penggunanya. Contohnya, dengan meletakkan foto, sticky note, atau koleksi hobi yang kita pajang di area kerja," ucap Fahmi. Beberapa stuff ini ternyata bisa meningkatkan mood juga, loh. Misalnya, menambahkan foto dapat mengingatkan kita akan orang tersayang, sedangkan sticky note berfungsi mengorganisasi tujuan dalam bekerja, item hobi membuat kita semangat dan juga mempercantik ruangan.

Udara dan Pencahayaan Memadai

Pencahayaan bisa kita dapatkan dari pencahayaan alami dan buatan. Untuk pencahayaan buatan, didapatkan dari penggunaan lampu. Usahakan memasang dua jenis penerangan, yakni penerangan lampu utama dan lampu pada meja dengan warna daylight. "Dalam interior, ada istilah cross ventilator, yakni sistem penghawaan udara alami dengan menciptakan dua bidang bukaan yang saling berhadapan agar udara terus bersirkulasi sehingga nggak pengap," lanjut Fahmi. Dengan demikian, pintu masuk dan jendela ke arah luar aja udah cukup untuk menciptakan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang sehat.

Tambahkan Elemen Pendukung Lain

Kamu bisa menambahkan beberapa item untuk mempercantik study space- mu seperti musik, wewangian, dan tanaman. Apabila menggunakan speaker tambahan, pilihlah speaker dengan kualitas suara yang bagus dan tanpa kabel agar ruangan tampak rapi. Lalu, ciptakan fokus dengan aromatherapy. "Pilih aromatherapy yang menenangkan dan membuatmu semangat. Bisa juga ditambahkan jenis tanaman indoor yang low-maintenance dan bersifat menjernihkan udara seperti spider plant, sansevieria, monstera, dan lili," tutup Fahmi.

Kok Bisa Berpengaruh?

SELAIN gaya belajar, ternyata study space bisa memengaruhi kualitas. belajar, loh. Walaupun nggak sepenuhnya bekerja dengan optimal karena bergantung pada tiap individunya, seenggaknya ini nih yang membuat study space harus banget kamu ciptakan. (c12/lia)

MENINGKATKAN FOKUS

Sebenarnya, gaya belajar apa pun nggak akan bisa optimal kalau kamu nggak fokus. Dengan merancang study space sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu akan cenderung lebih fokus. nggak cuma study space pribadi di kamar aja kok. Pilih beberapa co- working space yang menurutmu nggak terdapat banyak gangguan sehingga kamu bisa menyerap materi dengan lebih baik.

MAKIN EFEKTIF

Meskipun banyak orang belum tahu, nyatanya study space memang bisa meningkatkan efektivitas belajarmu karena sifatnya yang personal. Artinya, rancangan study space yang disesuaikan dengan keinginanmu cenderung akan mengoptimalkan ruang gerak yang ada.

BIKIN NYAMAN

Kenyamanan its number one! Karena ketika study space-mu menjadi sebuah spot yang bikin betah, secara nggak langsung itu akan meningkatkan semangat belajarmu. Tempat belajar yang nyaman juga bisa meningkatkan produktivitas. So, dengan memiliki study space sendiri, diharapkan kamu bisa mendapatkan tambahan motivasi, ya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article