Are You a Zetizen?
Show Menu

Ada 4 Tipe Pengunjung di Art Jog 2017, Kamu Termasuk yang Mana?

Rafika Yahya Rafika Yahya 20 Jun 2017
Ada 4 Tipe Pengunjung di Art Jog 2017, Kamu Termasuk yang Mana?

Zetizen.com - Art Jog 2017 resmi ditutup hari ini! pagelaran seni tahunan yang juga jadi salah satu event seni terbesar di Indonesia ini mencanangkan Changing Perspective sebagai tema utamanya. Sejak 19 Mei sampai 19 Juni 2017, Jogja National Museum dipenuhi karya seni dari berbagai seniman Indonesia. Nggak heran kalau Art Jog 10 dipadati ribuan pengunjung. Saking ramenya, Tim Zetizen bisa mengelompokkan pengunjung Art Jog 10 ke dalam beberapa tipe. Apa aja sih?

Si Pecinta Seni

Si Pecinta Seni

Saraswati Dara dan temannya memperhatikan karya Najib Ahmad bertajuk Telinga Berbulu (Fikri/Zetizen Team)

Orang-orang tipe ini selalu memperhatikan tiap karya dengan ketelitian tingkat tinggi. Nggak jarang mereka harus mendekatkan tubuh ke beberapa karya saking penasarannya dengan cara pembuatan karya.

“Sebagai mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja, aku nggak sekedar datang ke Art Jog untuk menikmati karya, tapi juga sekaligus belajar. Siapa tahu beberapa tahun lagi karyaku yang dipajang di sini?” ujar Saraswati Dara, salah satu pengunjung.

Si Aktivis

Si Aktivis

Ruangan berisi karya Setu Legi berbentuk lukisan dari tanah liat berjudul Universal Syndrome (Fikri/Zetizen Team)

Mengangkat tema tentang perspektif, ada beberapa karya yang sedikit menyinggung kondisi Indonesia masa kini. Salah satunya adalah karya Setu Legi yang menggambar seisi ruangan dengan tanah liat untuk mengkritisi peradaban dan produktivitas yang menggila.

Karya ini mempertemukan Tim Zetizen dengan Refly Yudha, seorang siswa lulusan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang menghabiskan waktu berjam-jam dalam ruangan itu. “Aku baru sadar kalau ada cara baru untuk mengkritik. Nggak cuma demo ya. He he he,” selorohnya.

The Lovebirds

The Lovebirds

Cromatic Chimera dari Syagini Ratna jadi spot favorit pasangan yang datang ke Art Jog 2017 (Fikri/Zetizen Team)

Suasana Art Jog yang tentram berkat berbagai karya penuh makna ternyata juga menarik minat beberapa pasangan untuk memindahkan tempat kencannya. Salah satunya adalah Sherly Aprilia dan Putra Elykson.

“Biasanya kami kencan di cafe atau nonton sih. Berhubung banyak teman yang datang kemari, jadinya kami penasaran. Lumayan lah ada tempat baru,” ujar Sherly malu-malu.

Si Selebgram

Si Selebgram

Pengunjung berfoto di depan karya "In Frame We Trust" milik Oky Rey Montha (Fikri/Zetizen Team)

Karena banyak karya epik yang unik, hal ini tentu dimanfaatkan beberapa orang buat mengisi feed di Instagram dong! Salah satunya adalah Cemara Disa. Bahkan, dia sampai menyiapkan outfit khusus untuk datang ke acara ini lho!

“Art Jog kan acara seni yang bergengsi. Lumayan lah buat bikin orang-orang ikut penasaran dengan karya yang jadi background foto di post-ku. He he he. Eits, aku juga ikut berkontribusi untuk mengenalkan karya seni ke teman-temanku lewat Instagram lho,” ujarnya terbahak.

RELATED ARTICLES

Please read the following article