Are You a Zetizen?
Show Menu

Aplikasi TERNA-Q Bantu Peternak Mendata dan Mengetahui Kondisi Ternak

Zetizen Zetizen 21 Jul 2017
Aplikasi TERNA-Q Bantu Peternak Mendata dan Mengetahui Kondisi Ternak

Zetizen.com, Sangatta - Kolaborasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Anggita Tiara Sandi mahasiswa Fakultas Peternakan dan Dina Haniyah mahasiswa Fakultas MIPA berbuah manis. Pasalnya kedua mahasiswa ini berhasil membuat sebuah website sensus ternak secara online.

Hal itu berawal dari keheranan Anggita, mahasiswi ilmu Peternakan saat melakukan pembinaan peternak di wilayah Sangatta Selatan. Hampir seluruh peternah yang ia kunjungi tidak memiliki data yang jelas terkait perkembangan ternak tersebut. Tentunya data ini sangat penting untuk mengetahui kondisi perkembangan ternak yang dapat digunakan untuk peningkatan populasi dan peningkatan produktifitas ternak.

Anggita, mahasiswa asal Kota Balikpapan ini akhirnya melakukan sensus ternak secara manual dengan menggunakan kartu sensus ternat secara manual. Namun melihat proses yang terlalu ribet, Dina mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer ini akhirnya mencoba berkolaborasi dengan memindahkan kartu ternak secara online.

Terna-Q, sebuah website yang dapat membantu peternak untuk dapat mendata ternak mereka. “Tentunya website ini kami buat untuk membantu para peternak agar dapat meningkatkan populasi dan produktifitas ternak mereka.” ujar Anggita. “Saat ini Terna-Q masih bersifat portal website, kedepan kita akan tingkatkan menjadi bentuk aplikasi untuk mempermudah penggunaan oleh para peternak.” tambah Dina

Namun, ada tantangan lain yang harus mereka hadapi. Yakni mengajarkan para peternak menggunakan teknologi ini. Karena sebagain besar peternak masih belum paham dengan penggunaan teknologi digital. “Iya benar banget, oleh karena itu kami turun langsung untuk membina para peternak dalam penggunaannya.” ujar Dina.

Anggita menambangkan bahwa “Para peternak sangat antusias dengan inovasi digital ini, mereka sangat semangat belajar teknologi baru ini, semoga dengan Terna-Q ini dapat membantu para peternak di wilayah Sangatta Selatan”. Nah, itulah salah satu gebrakan teman-teman KKN PPM Universitas Gadjah Mada yang dikembangkan di Desa Sangatta Selatan. Masih banyak keseruan-keseruan lainnya loh. Terus pantengin KKN Sangatta Update yah!

 

Naskah ditulis oleh Pandu Dharma Wicaksono

RELATED ARTICLES

Please read the following article