Are You a Zetizen?
Show Menu

Om Telolet Om, Sapaan Bus Mania yang Jadi Viral

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 21 Dec 2016
Om Telolet Om, Sapaan Bus Mania yang Jadi Viral

 

Zetizen.com – Sudah berapa kali kamu melihat tulisan “Om Telolet Om” hari ini? Akhir-akhir ini, bunyi klakson unik dari bus-bus Indonesia ini emang jadi viral. Bahkan sempat jadi trending topic worldwide di Twitter dan di-tweet musisi internasional. Selain bunyinya yang khas, telolet seolah menjadi sapaan khas yang mendekatkan warga dengan supir bus. Yuk, simak beberapa hal yang perlu kamu tahu di balik Om Telolet Om!

 

Ada Dua Jenis klakson Bus

Klakson pertama adalah klakson standard yang biasanya dipakai bus jenis bumel, AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), dan telolet. Nah, klakson telolet umumnya dipakai bus keluaran terbaru. Misalnya, bus pariwisata. Tapi, ada beberapa bus AKAP dan AKDP yang juga menginstall klakson telolet.

 

 

Berawal dari Komunitas Bus Mania

Kalau kereta api punya fans bernama Railfans, bus juga punya fans yang bernama Bus Mania. Meski komunitas ini masih asing di telinga masyarakat, bus mania tersebar di seluruh Indonesia lho, terutama di Pulau Jawa. Untuk meghormati dan menyapa para bus mania yang sedang hunting, para supir bus biasanya nge-dim atau meng-klakson. Nah, klakson telolet ini menjadi incaran para bus mania sebagai kesenangan pribadi.

 

Pantura Jadi Spot Paling Hits

Jalur Pantura merupakan jalur bus-bus antar provinsi. Oleh karena itu, jalur ini dijadikan tempat hunting favorit oleh para Bus Mania. Untuk bisa mendengar klakson telolet, mereka akan request ke para supir bus yang lewat dengan mengatakan, “Om, Telolet, Om!” Nah, inilah penyebab kata-kata om telolet om dan videonya jadi Viral dimana-mana.

 

 

Bunyinya yang Unik Bikin Earworm

Receh memang. Tapi, jujur aja, bunyi telolet itu pasti bikin kamu tertawa dan bikin earworm. Ya karena bunyinya yang catchy, otak kita jadi tertarik dan menyanyikannya berulang-ulang di waktu-waktu tertentu. Nggak heran kalau akhirnya banyak orang merasa terngiang oleh bunyi telolet dalam jangka waktu lama meski cuma mendengar nama teloletnya aja.

 

Telolet Goes International

Karena unik, banyak orang Indonesia menyapa artis-artis luar negeri dengan ungkapan “Om Telolet Om”. Bahkan, saking bingungnya, akun Instagram official Yellow Claw membuat postingan dengan captionWhat does this even mean?” Seolah-olah nggak mau kalah, DJ Snake dan Zedd pun juga ikut terserang demam Om Telolet Om. Tapi, banyak yang menganggap akun mereka dibajak.

 

Hayo, dimana kamu sering melihat tulisan Om Telolet Om?

Edited by Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article