Are You a Zetizen?
Show Menu

Serunya Nonton Film Pendek Karya Sineas Berbakat Indonesia di Festival Kecil

Zetizen Zetizen 24 Aug 2016
Serunya Nonton Film Pendek Karya Sineas Berbakat Indonesia di Festival Kecil

 

Zetizen.com - Dunia perfilman memang punya tempat tersendiri di hati masyarakat kita. Semakin hari kian banyak sineas-sineas muda melahirkan karya. Untuk mengapresiasinya, sinema Intensif, sebuah komunitas Film di Surabaya, memberikan wadah bagi para sineas untuk memamerkan karya mereka, khususnya yang berbentuk short film, pada publik. Wadah tersebut berbentuk sebuah festival Film bertajuk “Festival Kecil” yang dihelat pada 20 hingga 21 Agustus kemarin di Wisma Jerman, Surabaya.

Dengan sistem open submission dan invitation, festival yang digagas sejak bulan Juni lalu ini berhasil mengumpulkan 220 Film dari 30 kota di Indonesia. Ratusan judul tersebut kemudian disaring hingga didapat 18 Film terbaik untuk ditayangkan pada program utama pada hari acara. Selain 18 Film di program utama, ada pula satu sesi program spesial serta dua sesi program ekstra yang menghadirkan karya sineas ternama seperti Wregas Bhanuteja. FYI, Wregas Bhanuteja ini adalah sineas berbakat asal Yogyakarta yang baru saja memenangkan Cannes Film festival di Perancis dengan filmnya berjudul Prenjak.

 

Penonton yang antusias menyampaikan tanggapan (foto: Hafidz/Zetizen team)

 

Dalam pelaksanaan acara, ruangan Wisma Jerman disulap jadi teater mini. Di ruangan berkapasitas hingga 70 orang itulah, para penonton disuguhkan film-film pendek karya anak bangsa yang sarat nilai-nilai sosial hingga moral didalamnya. “Baru kali ini sih dateng ke festival Film yang cukup sederhana tapi punya film-film hebat untuk diputar,” ujar Restiana Assyifah, penonton asal Jakarta.

 

Meski festivalnya sendiri relatif kecil, namun antusiasme pengunjung justru sangat besar (foto: Hafidz/Zetizen)

 

Bahkan di hari pemutaran kedua, pengujung berkesempatan menyaksikan short Film karya Arie Surastio berjudul ‘Musim Bepergian’ yang pada September mendatang akan diputar di Valdivostok Film Festival, Russia loh. “Kita bikin festival ini buat memberi wadah sineas Film pendek khusunya yang emang mayoritas independen dalam mengenalkan karyanya. Dengan memberikan tema utama, hal-hal yang seringkali tidak tersorot sebagai hal penting namun mampu disorot menjadi sebuah karya Film oleh sang sutradara terpilih,” ujar Wimar Herdanto, Direktur festival Kecil.

Nggak heran kalau meski judulnya ‘Festival Kecil’, tidak ada satupun orang yang tidak menikmati kemegahan kualitas Film yang diputar. Tentunya, hal ini menunjukan kalau sebenarnya, Indonesia itu juga mampu banget buat menghasilkan karya karya Film yang bagus dan bermutu. Maju terus perfilman Indonesia! (dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article