Are You a Zetizen?
Show Menu

Yuk Tambah-Tambah Pengalaman Kerja Lewat Program Volunteer

Rafika Yahya Rafika Yahya 24 Aug 2017
Yuk Tambah-Tambah Pengalaman Kerja Lewat Program Volunteer

Zetizen.com - Saat masih berstatus pelajar, banyak cara yang bisa kamu ikutin buat menambah pengalaman. Nggak cuma kerja atau magang, gabung sebagai volunteer pun bisa bikin kamu dapat banyak pengalaman baru. Nih, beberapa kesempatan volunteer ini lagi terbuka buat kamu ikutin. 

Global Volunteer - AIESEC Indonesia

Global Volunteer  - AIESEC Indonesia

Exchange Participant yang mengikuti Earth Heroes Project sedang membuat lubang biopori bersama siswa SMPN 1 Surabaya (dok. AIESEC Surabaya)

Organisasi anak muda yang ada di 128 negara dan mendukung Sustainable Developmental Goals (SDG) ini punya program volunteer yang unik banget nih. Program bernama Global Volunteer ini bakal membawamu ke berbagai belahan dunia lain untuk melakukan banyak project.

Asiknya lagi, kamu bisa memilih project-mu sendiri. Mulai dari project pendidikan, lingkungan, sampai budaya. Selama 1,5 bulan, kamu ditantang untuk survive di negara lain dan membawa perubahan positif di tempat tersebut.

Kalau di Indonesia, AIESEC punya project volunteer bertema lingkungan bertajuk Earth Heroes yang mewajibkan para Exchange Participant buat membenahi permasalahan lingkungan di sekolah.

http://aiesec.or.id/global-volunteer/

WWF Volunteer – Worldwide Fund

WWF Volunteer – Worldwide Fund

Kegiatan Sahabat Harimau (wwf.or.id)

Siapa yang nggak kenal organisasi bersimbol Panda ini? Berfokus pada pelestarian global di 100 negara di dunia, WWF membuka kesempatan buat kamu yang berusia 19-40 tahun untuk menjadi relawan dalam menyelamatkan lingkungan. Lewat project ini, kamu bakal diajari buat mampu mengampanyekan cara menjaga lingkungan serta aset Indonesia pada masyarakat luas.

Salah satunya adalah menjadi volunteer dalam program Sahabat Harimau untuk berdonasi dalam program pelestarian Harimau Sumatera. Ada juga Earth Hour Indonesia, program lingkungan yang mengampanyekan hemat energi dan diet plastik. Seru!

Buat gabung, klik aja link berikut ini: http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/volunteer/

ASIAN Games Volunteer

ASIAN Games Volunteer

Poster promosi volunteer di ajang ASIAN Games 2018 (youtube.com)

Tahun 2018 nanti, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Musim Panas Asia. Diadakan sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang, acara ini bakal diikuti oleh lebih dari 15.000 atlet dari berbagai negara di benua Asia.

Nggak jauh beda dengan kepanitiaan dan organisasi, volunteer ASIAN Games bakalan dibagi menjadi beberapa divisi seperti Liaison Officer (LO) untuk menemani para delegasi dan tamu hingga divisi Protocol Assistant yang bertugas menemani para tamu VVIP. Makanya, sebagai volunteer, kamu bakal bisa ketemu dengan orang-orang hebat di Asia dan bercengrama bareng mereka. Asik banget deh!

Kamu bisa daftar di sini: https://volunteer.asiangames2018.id/

RELATED ARTICLES

Please read the following article