Are You a Zetizen?
Show Menu

Membanggakan, Alpha Zetizen 2016 Nggak Berhenti Lakukan Aksi Positif

Vera Khairifah Vera Khairifah 26 Jul 2017
Membanggakan, Alpha Zetizen 2016  Nggak Berhenti Lakukan Aksi Positif

 

Zetizen.com - Setelah berkesempatan mengikuti fun trip adventure ke New Zealand tahun lalu, para alpha zetizen 2016 nggak berhenti melakukan aksi positif. Kemarin (24/7), alpha zetizen Jawa Timur Aryo Seno Bagaskoro meraih Esai Terbaik Nasional. Dalam pembukaan Forum Pelajar Indonesia di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, penghargaan itu didapatnya.

Seno terpilih menjadi 232 pelajar yang beruntung bisa mengikuti acara ini, dengan total pendaftar lebih dari 1500 orang. Setelahnya, para peserta diwajibkan membuat esai bertema Sinergi pelajar Untuk Indonesia.

FYI, Forum Pelajar Indonesia adalah forum pelajar tahunan tingkat SMA se-Indonesia. Berada dalam naungan Indonesia Student and Youth Forum, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas para pelajar. Esai buatan Seno dengan judul Pelajar Adalah Roda Perubahan Bangsa berhasil menjadi yang terbaik. Pemberian award ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy loh.

 

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy (kanan) memberikan medali kepada Seno. Credit: ISYF for Zetizen.

 

Dalam esai itu, Seno membahas kemajuan perolehan informasi pada generasi muda. Fasilitas yang memungkinkan mereka dengan mudah memperoleh informasi juga menjadi peluang masalah baru. Tak jarang, ini malah memecah-belah persepsi anak muda. Makanya, perlu ada perhatian dari pemerintah untuk merangkul mereka. Di sisi lain, Seno juga meyakini bahwa setiap anak muda sedang menyongsong hari-hari emas penuh prestasi. Di mana, mereka suatu saat bisa menyadari bahwa perbedaan-perbedaan bisa menjadi kedahsyatan untuk kemajuan bangsa.

Ini adalah penghargaan pertama untuk kategori esai terbaik. Namun, dia merasa ini bukan lah penghargaan untuk dirinya sendiri. “Pencapaian ini milik SMAN 5 Surabaya. Sama sekali bukan milik saya pribadi. Ini karena kemuliaan-Nya. Puji Tuhan,” katanya.

 

Pandu (dua dari kiri) dan Walikota Balikpapan Rizal effendi (tengah) menerima penghargaan Menuju Kota Layak Anak Kategori Madya dari Kementrian PPPA. Credit: Instagram @padarwin

 

Di lain tempat, alpha zetizen Kalimantan Timur Pandu Padarwin mewakili penerimaan Penghargaan Kota Layak Anak. Tahun ini, kota Balikpapan meraih predikat "Menuju Kota Layak Anak Kategori Madya" dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Ini memang bukan penghargaan individu, tapi keaktifan Pandu dalam Forum Anak Balikpapan memberi kontribusi soal partisipasi anak dan pembangunan Balikpapan. Keren!

Kamu juga bisa menjadi alpha zetizen yang aktif dan penuh aksi positif kayak mereka. Yuk, upload aksi positif kamu ke sini.

(*)

RELATED ARTICLES

Please read the following article