Are You a Zetizen?
Show Menu

Belum Lolos SNMPTN, Inilah yang Bisa Kamu Lakukan

Nourma Vidya Nourma Vidya 27 Apr 2017
Belum Lolos SNMPTN, Inilah yang Bisa Kamu Lakukan

Zetizen.com - Pengumuman SNMPTN sudah bisa dilihat kemarin. Selamat ya buat yang lolos. Selamat mempersiapkan diri menyambut perkuliahan! Buat yang belum beruntung, jangan terlalu khawatir. Kamu harus tetap berpikir positif karena perjuanganmu masih panjang. Yap, gagal di SNMPTN bukan akhir segalanya kok. Kamu justru harus segera bangkit karena masih ada jalur-jalur lain yang harus dicoba. Yuk, cari tahu hal-hal apa aja yang masih bisa kamu perjuangkan!

Daftar Sekolah Kedinasan

Sekolah Kedinasan
Sekolah Kedinasan (Foto: atkpsby)

Gagal di SNMPTN cuma rintangan awal dari kesuksesan. Jangan patah semangat ya! Kamu masih bisa mengejar mimpi-mimpimu kok. Salah satunya dengan mencoba ikut seleksi sekolah kedinasan. Dalam berbagai hal, sekolah kedinasan punya banyak kelebihan yang nggak ada di tempat lain. Mulai dari biaya yang lebih murah (bahkan gratis karena subsidi!) sampai peluang kerja yang lebih terjamin karena ada ikatan dinas.

Tenang, banyak sekolah kedinasan yang masih membuka pendaftaran. Misalnya, di bawah naungan Kementerian Pertahanan masih ada Akademi Angkatan Udara yang membuka pendaftaran sampai 30 April. Ada juga Sekolah Tinggi Trasportasi Darat (STTD) Bekasi, Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP), dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug di bawah Kementerian Perhubungan yang membuka pendaftaran sampai 19 Mei.

Buat melihat jadwal pendaftaran lengkap berbagai sekolah kedinasan lain, cek di sini ya!

Matangkan Persiapan Menghadapi SBMPTN

Berjuang Untuk <a href= SBMPTN " width="1200" />
SBMPTN (Foto: Twitter)

Perlu kamu ingat, di SBMPTN kamu akan bersaing dengan banyak orang. Sebagai salah satu jalur seleksi berskala nasional, jalur SBMPTN sudah jadi incaran banyak pejuang kelas 12. Baik yang berasal dari angkatan 2017 maupun angkatan lain yang masih ingin mencoba peruntungan tahun ini. Jadi, meski masih kecewa karena gagal di SNMPTN, jangan terlarut dalam kesedihan terlalu lama. Sebab, masa bersedihmu itu bakal dimanfaatkan para pesaing buat bangkit dan mengejar jalur SBMPTN.

So, yuk, segera bangkit! Info lengkap tentang alur dan tanggal-tanggal penting SBMPTN bisa kamu lihat di sini.

Berburu Universitas Swasta atau Universitas Luar Negeri

Berburu universitas swasta dan luar negeri lewat beasiswa
Beasiswa (Foto: NABA)

Meski banyak diincar, perguruan tinggi negeri (PTN) bukan satu-satunya tempat melanjutkan studi. Di Indonesia, ada banyak universitas swasta keren yang bisa kamu masuki. Kalau pengen menantang diri buat cari pengalaman lebih, sederet nama universitas bergengsi di luar negeri juga bisa kamu masukkan dalam daftar ‘perburuan’ selanjutnya.

Eits, mungkin masih banyak dari kalian yang ragu buat masuk universitas swasta, apalagi luar negeri, karena biaya tinggi. Tapi, kalau kamu emang minat, sebenarnya banyak beasiswa yang ditawarkan. Beberapa daftar beasiswa swasta dan luar negeri bisa kamu lihat di sini.

Gimana, udah siap bangkit dan berjuang lagi? Keep up your spirit and good luck!

(Foto: N2growth)

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article