Are You a Zetizen?
Show Menu

Ukir Prestasi di Dunia Catur

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 31 Jan 2023
Ukir Prestasi di Dunia Catur

Zetizen-Kemajuan teknologi membuat anak muda lebih tertarik dengan permainan digital, Akibatnya, minat generasi milenial terhadap permainan nondigital seperti catur mulai berkurang. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Salwa Tsania Afifah, Atlet catur asal Kotamobagu, Sulawesi Utara. Tidak hanya menyukai catur, Atlet satu ini juga meraih banyak prestasi, Iho. Yuk kenalan dengan Atlet berprestasi ini!

Salwa Tsania Afifah mengenal catur sejak usia 5 tahun. Baru ketika duduk di kelas IV SD, dia mulai serius berlatih dan mengikuti pertandingan catur. "Tante yang mengenalkan dan mengajariku catur. Aku sendiri senang sekali dengan olahraga ini. Soalnya, kita dilatih untuk menganalisis dan memecahkan problem dalam catur," tutur Atlet yang akrab disapa Salwa itu.

Keseharian Salwa sama dengan remaja lainnya, pergi ke sekolah, belajar, dan bermain. Tentu dengan menyisihkan waktu untuk berlatih dan bertanding. Dia pun membuat jadwal sehingga bisa menentukan prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tugasnya. "Dulu sewaktu tanding, hampir setiap ujian sekolah harus susulan. Jadi harus ekstra belajar dan nggak boleh menunda," kenangnya.

Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bagi Salwa adalah ketika berhasil meraih juara 2 dalam pertandingan catur perorangan tingkat wanita umum. "Saat itu aku diremehkan karena masih SMP. Bahkan, aku sampai nangis karena orang-orang nggak yakin aku bisa masuk 3 besar, hehe. Ternyata aku malah meraih juara meski lawannya mahasiswa," ungkap Salwa. Hal itu membuktikan siapa saja bisa menang asal percaya diri dan bisa mengatasi rasa takutnya. Jadi, jangan ambil pusing dengan perkataan orang lain yang meragukan kamu, ya!

"Menurutku, tantangan apa pun yang aku hadapi akan selalu bisa memberikan pelajaran tersendiri dan membuatku bergerak lebih maju. Intinya selalu berusaha, berani, dan tetap kuat untuk menghadapi tantangan yang ada," pesan Salwa.

Nggak cuman aktif di dunia catur, Atlet asal SMAN 1 Kotamobagu tersebut juga mengikuti organisasi dan perlombaan lainnya, lho! Ketertarikannya dalam memperjuangkan hak dan partisipasi anak mendorong Salwa turut aktif dalam organisasi Forum Anak Nasional (FAN). FAN adalah sebuah organisasi yang dibina Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk menjembatani komunikasi pemerintah dan anak- anak di seluruh Indonesia. Salwa juga pemah menjuarai lomba pidato bahasa Inggris dan baru saja terpilih menjadi salah satu model di majalah remaja.

"Hal yang mendorongku untuk terus berkarya adalah diriku sendiri. Karena aku sadar, sebagai generasi muda, aku harus bisa memajukan Indonesia dengan berkarya dan memaksimalkan potensi yang aku miliki," ungkapnya. Penghargaan yang diterima Salwa adalah bonus dari kerja kerasnya. Bagi Salwa, yang terpenting adalah setiap proses dan pengalaman yang dilewatinya. Dia berharap bisa menginspirasi anak muda di sekitarnya untuk berkarya dan memaksimalkan potensi diri. "Setiap kita terlahir dengan potensi yang berbeda dan tugas kita adalah mengembangkan potensi tersebut. Untuk anak muda di luar sana, semangat meraih cita-cita dan berkontribusi untuk Indonesia!" (elv/c12/lai)

Chess Tips for Beginners

UNTUK bisa menguasai permainan catur, pemain membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Pemain catur harus memiliki strategi dan skill problem solving yang harus dilatih terus-menerus agar bisa mengalahkan lawan. Kalau kamu tertarik untuk menjadi Atlet catur, simak tip bermain catur dari Atlet catur Salwa Tsania Afifah berikut! (elv/c12/lai)

Memahami Cara Menghitung Bidak

Tujuan utama dari bermain catur memang untuk sekakmat raja lawan, tetapi pasti banyak bidak catur lainnya yang menghalangi. Kita harus bertukar bidak untuk menyerang pasukan lawan dan bertahan. Nah, biar nggak salah. langkah, kita perlu memahami nilai dan menditung pertukaran tersebut. Misalnya, powrd (pion) bernilai satu, knights dan bishops (kuda & gajah) yang bernilai tiga, rooks (benteng) bernilai lima, dan queen (ratu/menter) bernilai sembilan. Ingat, jangan mengorbankan bidak yang bernilai tinggi untuk mendapatkan bidak lawan yang nilainya lebih rendah.

Belajar Chess Opening

Mempelajari chess opening akan melatih strategi kita dan membantu kita menyimpan energi untuk middle gome dan endgame. Sebab, tanpa chess opening yang baik, kita akan menghabiskan waktu di middle game untuk memperbaiki kesalahan yang kita buat di pembukaan. Ada beberapa chess opening yang bisa kamu pelajari, antara lain, Gambit Openings, Flank Openings, dan French Defense.

Berlatih catur dengan Jam

Jam catur digunakan saat pertandingan untuk membatasi waktu pikir pemain agar pertandingan bisa berjalan tepat waktu. Waktu bermain catur akan memengaruhi strategi dan kalkulasi kamu, tho! Meski masih pemula, biasakan bermain catur dengan jam. Luangkan waktu untuk berlatih dengan jam dan memahami bagaimana jam dapat memengaruhi hasil permainan kamu.

RELATED ARTICLES

Please read the following article