Are You a Zetizen?
Show Menu

Jalin Hubungan Private atau Public

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 07 Jun 2022
Jalin Hubungan Private atau Public

SAT set sat set langsung jadian! Beberapa orang menyembunyikan hubungannya, eh tahu-tahu udah setahun anniversary, ekhem. Bicara soal hubungan percintaan zaman sekarang, pasti rasanya excited banget pengin share momen bareng doi di media sosial. Namun, nggak jarang ada yang sengaja keep in private hubungannya. Hmmm..., lebih baik hubungan go public atau private, ya? Yuk, cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe!

Hubungan private atau tertutup ternyata memiliki banyak sisi positif, lho. Berdasar hasil survei yang dilakukan Shotkit, tiga perempat responden yang bahagia dalam hubungannya nggak pernah posting konten couple di media sosial. Di sisi lain, 42 persen responden yang rutin posting mengaku nggak bahagia.

Posting di media sosial bisa menciptakan ekspektasi yang tidak realistis untuk pasangan dan membuat mereka merasa pasangannya lebih tertarik untuk menunjukkan betapa hebatnya hubungan mereka di publik,” jelas terapis Jessica Small M.A. LMFT, melansir Yahoo!life. Hal itu bisa berakibat pada hilangnya kedekatan dan rasa aman dalam suatu hubungan.

Saat menjalani hubungan yang tertutup, kamu akan merasa lebih nyaman karena nggak ada tekanan dari orang luar. Apalagi kalau orang sekitarmu ikut mencampuri urusan percintaan kamu. Dengan adanya privasi, kamu bisa lebih fokus membangun koneksi dan kepercayaan sama doi. Yang nggak kalah penting, kamu bakal terhindar dari orang ketiga.

Eitss, hubungan private berbeda dengan hubungan rahasia, ya! Hubungan private berarti membatasi detail personal, bukan merahasiakan segala hal. Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu menjalin hubungan rahasia yaitu mengaku masih single hingga nggak pernah dikenalkan ke keluarga dan circle terdekat doi. Be private, not secretive!

Nah, kalau kamu memilih go public, is okay kok. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan hubungan kamu sudah official biar nggak bingung kalau di-ghosting, hehe... Cari tahu juga konsekuensinya dan cari solusi untuk mengantisipasi risiko bersama. Publikasikan saat kalian benar-benar siap.

Kamu bisa coba cara soft launching untuk mengawalinya. Soft launch adalah cara simpel untuk menunjukkan bahwa kamu sedang menjalin hubungan. Misalnya, kasih hint lewat foto yang memperlihatkan sebagian anggota tubuh doi. Kamu bisa post di fitur Story yang bakalan hilang setelah 24 jam. Well, keputusan untuk memublikasikan hubungan atau nggak, perlu dibicarakan bersama. Pertimbangkan dengan baik, ya! (elv/c18/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article