Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Hal yang Sebenarnya Penting, Tapi Kita Sering Sungkan Mengungkapkan

Amanda Bestari Amanda Bestari 01 Sep 2017
4 Hal yang Sebenarnya Penting, Tapi Kita Sering Sungkan Mengungkapkan

Zetizen.com - Adanya sosial media bikin remaja zaman sekarang bisa nge-share apa aja di sana. Tapi di dunia nyata, banyak diantara mereka yang justru malu-malu buat mengungkapkan apa yang seharusnya diungkapkan. Faktor sungkan biasanya jadi penyebab utama kenapa mereka lebih memilih untuk diam daripada meminta bantuan ke orang lain. Nah daripada kamu sendiri yang rugi nanti, ini nih 4 hal yang nggak boleh malu buat kamu ungkapin!

 

Jangan Gengsi Minta Tolong

Foto: Twitter

Masih jamannya buat gengsi-gensian? Daripada gengsi makin bikin kamu kesulitian, mending kamu terus terang kalau memang lagi butuh bantuan. Apalagi anak zaman sekarang kan pada nggak peka tuh.

Misalnya ketika kamu lagi sedih bertengkar sama gebetan, tapi squadmu sama sekali nggak nyemangatin kamu. Jangan suudzon sama mereka. Siapa tahu, mereka emang nggak tahu kalau kamu lagi nggak fine, karena kamu nggak bilang. Wake up guys, udah nggak jamannya batin-batinan ya! 

 

Nggak Ragu Untuk Minta Maaf

Foto: Girls Life

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dan orang yang mau mengakui kesalahannya adalah orang yang bijaksana. Mengucapkan kata maaf bukan berarti kalah, masih banyak orang yang beranggapan bahwa minta maaf adalah sebuah kelemahan. Itu nggak bener ya, sekecil apapun kesalahan kita, kita wajib untuk meminta maaf.

Selain untuk menyelesaikan perseteruan, kamu bakal jadi pribadi yang murah hati. Walaupun sama orang yang lebih muda, jangan malu untuk mengatakan ini. Dengan mengatakannya juga, kamu telah mengajarkan dirimu untuk jadi pribadi yang lebih dewasa.

 

Berani Mengungkapkan Perasaan (Apapun Itu)

Foto: Blogspot

"When you love someone, just be brave to say, If you want him to be with you" - begitu lah lirik lagu dari Endah N Rhesa, yang sebenarnya relate banget sama penyakit percintaan remaja dari masa ke masa. Cinta itu emang harus diomongin sih, keburu kadaluarsa. Tapi, kalau mengungkapkan perasaan udah nggak cinta lagi? Apa kamu masih berani?

Ternyata masih banyak loh orang yang nggak tega buat mengungkapkannya. Yap, gimana nggak takut pasti rasanya sungkan liat orang lain jadi sedih karena perbuatan kita. Eitss, tapi apa kamu mau membohongi perasaanmu dan membohongi doi terlalu lama? Sebaiknya kamu ungkapkan secepat mungkin biar kamu nggak tertekan dan dia nggak berharap banyak soal hubungan kalian kedepannya. Ini juga bisa meminimalisir kemungkinan pertikaian yang bakal terjadi.

 

Dare to Say No 

Foto: Huffington Post

Salah satu kata lain yang juga sulit diungkapkan sama anak zaman sekarang, yaitu kata "tidak". Misalnya pas kamu masuk sekolah baru atau masuk universitas, kamu mendadak diajak jalan sama teman-teman barumu itu. Baru kenal, apa kamu udah berani bilang "enggak"? Biasanya yang ada, kamu malah sungkan dan mengiyakan ajakan teman-teman baru itu, meski sebenarnya kamu lagi sibuk atau ada urusan lain. Dampaknya, urusanmu yang awal itu bakal terbengkalai.

Padahal FYI, berani berkata "tidak" itu bahkan dianggap sebagai ciri orang yang sukses, loh. Karena orang sukses itu orang yang nggak ngambil setiap kesempatan, tapi yang cerdik buat memilih kesempatan mana yang terbaik. Dare to say no, guys!

 

Editor: Fahri Syadia

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article