Are You a Zetizen?
Show Menu

Bringing Back the Old School Vibes!

Narendra Mg Narendra Mg 09 Dec 2022
Bringing Back the Old School Vibes!

Zetizen-Pikirkan tentang kardigan tebal, celana tweed vintage, sweter wol, rok cokelat, juga tas kulit usang dan buku bersampul kulit. Yap! Style ala pelajar di Inggris pada 1900-an itu kini kembali modis. Dijuluki academia outfit, Style satu ini turut meramaikan tren fashion bernuansa nostalgia. Setelah pakaian vintage, cottagecore dress, hingga oversized collar juga ngehit lagi.

Sesuai dengan namanya, academia outfit mengacu pada gaya berbusana akademisi klasik yang dipenuhi elemen gotik. Sekilas, academia outfit mirip dengan vintage, ya. Keduanya memang sama-sama muncul pada era 1800– 1900-an, tetapi academia outfit lebih mengarah ke subkultur yang menekankan pada aktivitas ilmu pengetahuan dan seni.

Pada awalnya, style ini identik dengan pustakawan, seniman, pelajar, juga ilmuwan Eropa abad ke-18 hingga abad ke-19. Kalau kamu melihat film barat berlatar tempat Inggris seperti Harry Potter, Little Woman, atau Enola Holmes, seperti itulah look dari academia outfit yang hendak dimunculkan. ”Ini bisa dipakai anak laki-laki maupun
perempuan, siapa pun bisa feminin dan maskulin. Siluet academia outfit ini sering mengingatkan kita pada tampilan pria pada 1930-an atau 1940- an,” jelas peneliti mode Dilara Schloz dikutip The New York Times.

Tidak diketahui pasti kapan awal academia outfit ngetren lagi, tapi menjadi semakin booming selama kegiatan sekolah berjalan daring. Melansir The New York Times, remaja yang rindu bersekolah membanjiri media sosial dengan style pakaian yang dapat menghubungkan mereka dengan suasana sekolahan.

Energi tersebut rupanya mengalir hingga ke sini. Karena konsepnya yang unik dengan kesan jadul dan misterius, banyak fashion enthusiast yang mengadopsi tren academia outfit ini, lho. Dengan mix and match yang tepat, kamu bisa mendapatkan tampilan klasik yang aesthetic untuk daily style-mu. (c12/lai)

How to Style Academia Outfit

ACADEMIA outfit memang menarik untuk dicoba. Jenisnya pun banyak, lho. Namun, yang paling populer adalah dark academia dan light academia. Wanna try it? Intip mix and match ala influencer berikut and choose your fighter! (c12/lai)

Light Academia

Academia outfit jenis ini lebih calm dan soft. Kamu bisa memadukan turtleneck, shirt, kemeja, dengan outer dan rok atau trouser. Kuncinya terletak pada warna yang lebih sejuk dari dark academia. ”Untuk light academia, gunakan warna-warna terang seperti broken white, krem, khaki, dan light grey sebagai warna dominan. Namun, tetap bisa dikombinasikan dengan warna gelap lainnya seperti dark brown, hitam, dan sebagainya,” jelas Lida. 

Untuk sepatu, kamu bisa gunakan bot, pantofel, atau Mary Janes. Terakhir, dark dan light academia belum lengkap tanpa aksesori seperti kacamata, topi baret, dan tas kulit cokelat yang akan membuat tampilanmu semakin perfect dengan smart classic look.

Dark Academia

Jenis academia outfit yang menjadi favorit style content creator satu ini adalah dark academia. ”Dark academia fashion item-nya lebih bervariasi dan bisa dipadukan dengan beberapa warna. Karena cenderung lebih gelap, jadi bisa memberikan kamuflase tubuh kita yang lebih berisi. Misalnya, turtleneck hitam di dark academia yang dapat memberikan efek tubuh langsing,” ungkap Khalida Lubis. 

Umumnya, bagian atas yang dikenakan berupa turtleneck, sweter, tartan dress, dan blouse lengan panjang. Lalu tambahkan layer luaran dengan knit cardigan, vest, atau blazer. Eitss, karena iklim negara kita tropis, pilih kain dengan bahan lebih tipis agar tidak gerah, ya. ”Aku biasanya mix and match beberapa item dominan berwarna gelap seperti hitam, dark brown, maroon, army, dan grey. Bisa polos maupun bermotif (floral atau tartan),” tuturnya.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article