Are You a Zetizen?
Show Menu

Si Pemilik Jemari Lentik

Narendra Mg Narendra Mg 20 Dec 2022
Si Pemilik  Jemari Lentik

Zetizen-Tubuh kita memang diciptakan indah. Beberapa bagian seperti jari yang lentik ternyata bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu yang ingin jadi model, lho! Yups, namanya hand model. Kamu bahkan bisa jadi terkenal hingga mendunia dengan menjadi hand model. Wah, kira-kira bagaimana ya menjadi seorang hand model? Yuk kita simak!

Hand model dikenal dengan istilah part modelling, model yang hanya menggunakan bagian dari tubuhnya aja alih-alih berpose dengan seluruh tubuh. Peran hand model ini penting banget, apalagi untuk foto atau video produk. Biasanya digunakan untuk foto produk kecantikan, perhiasan, dan makanan yang memang memerlukan hand talent agar hasil fotonya lebih menarik.

Fungsi paling umum adalah untuk keperluan komersial seperti membuat iklan yang menarik. Selain itu, hand model bekerja di editorial yang hasil fotonya akan dipakai untuk halaman depan majalah. ”Fokus hand model hanya pada tangan. Jadi, nggak perlu capek untuk berpose seperti model pada umumnya,” tutur Intan Purnamasari, hand model asal Sukabumi.

Menariknya, seorang hand model juga bisa menjadi tangan ”pengganti” untuk aktris lain lho! Salah seorang hand model terkenal, Adele Uddo, pernah menjadi pengganti untuk Katy Perry, Penelope Cruz, Natalie Portman, Reese Witherspoon, hingga Beyonce. Wah menarik juga ya!

Untuk menjadi hand model, kamu perlu melatih beberapa skill. Sebab, meski terlihat mudah, banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya, melatih kelenturan jari dengan berlatih berbagai gerakan. Sering-seringlah berlatih di depan cermin atau sambil foto sendiri. Lalu bangunlah portofolio yang baik, kamu bisa meminta bantuan teman fotografer untuk mengambil beberapa foto sebagai portofolio.

”Kebetulan, aku bekerja di agensi creative untuk bagian foto produk. Nah mulai dari situ, partner kerjaku membutuhkan hand talent untuk foto produk, akhirnya keterusan sampai sekarang. Cukup banyak yang membutuhkan jasaku sebagai hand talent,” ungkapnya. Untuk agensi hand model, saat ini masih digabung menjadi satu karena hand model masih bagian dari modelling.

Oh iya, perawatan tangan juga penting sekali, lho! Sebab, penampilan tangan menjadi hal yang paling diperhatikan ketika pemotretan. Oleh karena itu, hand model perlu tahu skin care dan rutinitas perawatan yang dibutuhkan. Berhati-hatilah juga ketika melakukan aktivitas agar tidak melukai tangan dan menimbulkan bekas luka. Gimana, tertarik jadi hand model? (elv/c12/lai)

Pay More Attention!

Zetizen-Tangan merupakan aset utama bagi seorang hand model. Nggak heran kalau hal-hal kecil aja sangat diperhatikan agar tangan tetap cantik dan menarik. Apa aja sih yang harus diperhatikan seorang hand model? Nah, berikut hal-hal yang biasanya diterapkan hand model untuk menjaga tangan mereka. (elv/c12/lai)

Moisturize, Moisturize, Moisturize

Moisturizer sudah jadi must have item-nya hand model. Hand model Ellen Sirot menyatakan bahwa biasanya dia memakai pelembap 20–23 kali sehari, lho! Meski kelihatannya banyak, kelembapan tangan memang nggak bisa dilewatkan dari rutinitas hand model. Biasanya, hand model menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa agar tangan tetap lembap. Mereka juga menjaga diet seperti mengonsumsi makanan kaya omega dan vitamin E untuk mempercantik kulit.

Be Careful

Hand model benar-benar menjaga tangannya dari segala goresan dan bekas luka. Kalau beraktivitas, hand model akan menggunakan sarung tangan dan beberapa alat bantu seperti gunting untuk membantu aktivitas yang berpotensi melukai tangan. Beberapa hand model bahkan tidak pernah menggunakan perhiasan sehari-hari karena bisa menimbulkan bekas pada kulit.

Keep It Steady

Karena pemotretan yang biasanya memakan waktu cukup lama, seorang hand model harus bisa menahan posisi tangannya. Bergerak sedikit saja sudah pasti memengaruhi hasil pengambilan gambar. Kalau tanganmu masih mudah bergetar, kamu bisa mencoba latihan ini. Hand model biasa melakukan yoga untuk melatih ketenangan dan supaya bisa menahan posisi diam cukup lama. Oh iya, jika mau melakukan pemotretan, jangan minum kafein karena minuman yang mengandung kafein bisa membuatmu tremor.

RELATED ARTICLES

Please read the following article