Are You a Zetizen?
Show Menu

Yang Alami Kian Diminati

Ratih Mg Ratih Mg 22 Apr 2022
Yang Alami Kian Diminati

Zetizen-Tren skin care terus berkembang untuk menemukan bahan terbaik bagi kulit. Semua permasalahan kulit dapat diatasi dengan skin barrier yang sehat. Ada banyak bahan alami yang efektif dalam merawat kulit, lho! Kali ini, Zetizen bareng dr Sonia Hanifati SpDV bakal mengulik kandungan hingga manfaat dari bahan alami yang lagi ngetren di dunia per-skin care-an berikut! (elv/c12/lai)

Centella asiatica

Kalau kamu punya kulit yang mudah iritasi, bahan berikut mungkin cocok! Tumbuhan herbal yang dikenal dengan nama gotu kola atau daun pegagan, berasal dari famili Apiaceae. Ekstrak tumbuhan tropis asal Asia itu mengandung berbagai zat aktif seperti asiaticoside, centelloside, madecassoside, serta asiatic acid.

Centella berfungsi mempercepat penyembuhan luka, mencegah terjadinya bekas luka, dan mencegah penuaan akibat sinar ultraviolet serta antiinflamasi. ’’Sampai saat ini, menurut Cosmetic Ingredient Review Expert Panel, penggunaan Centella asiatica aman dalam kosmetik atau obat oles di kulit,’’ tutur dr Sonia. 

Calendula 

Calendula officinalis merupakan ekstrak dari bunga calendula atau marigold. Ada banyak kandungan yang ditemukan dalam ekstrak
Calendula. Mulai sugars, carotenoids, phenolic acids, sterols, saponins, flavonoids, resins, sterins, hingga quinones. Selain banyak digunakan untuk tabir surya, Calendula berfungsi sebagai anti-aging, meningkatkan hidrasi kulit, menyembuhkan luka, serta mengandung antioksidan. Bahan ini cocok buat tipe kulit kering. Karena digunakan dalam bentuk oil, pastikan kamu tidak sensitif atau alergi essential oil, ya!

Mugwort

Artemisia princeps extract atau mugwort diambil dari tanaman Artemisia vulgaris. Mugwort biasa ditemukan di Eropa Utara, Asia, dan Amerika Utara. Mugwort mengandung flavonoids, coumarins, phenolic acids, sterols, fatty acids, dan carotenoids yang menyehatkan skin barrier. Fungsinya pun beragam. Dari melembapkan kulit hingga anti-bacterial. Selain itu, fungsi antiinflamasinya membantu menenangkan kulit kemerahan atau iritasi. So, cocok banget buat kamu yang skin type-nya dry atau sensitive!

Bakuchiol 

Bakuchiol berasal dari tanaman Psoralea corylifolia (babchi) yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional India dan Tiongkok. ’’Bakuchiol menjadi tren karena digadang-gadang memiliki efektivitas seperti retinol. Namun, dengan efek samping yang lebih minim,’’ ujar dr Sonia. Meski begitu, penelitian terkait bakuchiol sebenarnya relatif sedikit dibandingkan retinol. Fungsi utamanya adalah memperbaiki kerutan, hiperpigmentasi, dan mengencangkan kulit. Alternatif buat yang pengin mencoba retinol, tapi nggak tahan sama efek sampingnya.

Dokter Sonia Hanifati SpDV
Dermatologist

Skin Care dari Bahan Fermentas

Zetizen-Kalau kamu menginginkan skin barrier yang sehat, fermented skin care bisa jadi solusinya. Dari kimchi sampai kombucha, semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, kenapa nggak kulit wajah juga? Kini banyak brand mulai memanfaatkan bahan fermentasi untuk menciptakan produk perawatan kulit yang efektif dalam meningkatkan skin barrier dan menumbuhkan mikrobioma kulit yang sehat.

Tren yang berasal dari Korea itu menggunakan bahan fermentasi selama ribuan tahun. Fermentasi adalah proses metabolisme. Senyawa dipecah oleh mikroorganisme seperti bakteri dan ragi menjadi senyawa yang lebih sederhana. Kamu pun telah menikmati beberapa hasil dari fermentasi kulit. Ada asam alfa hidroksi (asam glikolat, mandelic, dan laktat dari fermentasi gula, almon, susu) hingga sejumlah ekstrak alami seperti ginseng merah dan teh hitam.

’’Secara umum, bahan fermentasi ini menjadi tren karena banyak penelitian yang mulai menghubungkannya dengan microbiome (keseimbangan mikrobiota di kulit). Keseimbangan tersebut berperan dalam berbagai kelainan kulit seperti jerawat dan kulit sensitif atau atopi,” imbuh dr Sonia Hanifati SpDV. Secara keseluruhan, bahan fermentasi lebih terkonsentrasi dan mampu menembus lapisan kulit secara efektif. (Vogue UK/ elv/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article