Are You a Zetizen?
Show Menu

Serum, Si Mungil Berjuta Manfaat untuk Kulit

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 26 Jan 2023
Serum, Si Mungil Berjuta Manfaat untuk Kulit

Zetizen-Akhir-akhir ini kita sering melihat banyak produk serum yang bermunculan, baik dari produk lokal maupun luar negeri. Banyaknya varian serum yang hadir juga kerap membuat kita bingung sebagai pengguna awam untuk memilih serum mana yang tepat untuk kulit kita. Sebelum terburu-buru memasukkan serum ke keranjang belanjaan kita untuk di-checkout, kenali lebih dalam dulu yuk dengan si kecil yang cabai rawit ini!

Serum wajah adalah salah satu produk skin care untuk melengkapi perawatan kulit kita sehari-hari. serum memiliki tekstur yang lebih ringan dari pelembap wajah yang membuatnya dapat bekerja lapisan kulit wajah paling dalam. serum juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk bisa memberikan nutrisi pada kulit kita secara menyeluruh bergantung kebutuhan kulit yang kita ingin nutrisi dan perbaiki beberapa kekurangannya.

Meski terdapat berbagai jenis serum wajah yang beragam ditawarkan brand lokal maupun luar, tentu mengenali kebutuhan kulit dan kandungan yang terdapat di dalam serum yang hendak kita beli menjadi penting sebagai perhitungan di langkah pertama. Hal ini dijelaskan Fidhia Ayu Ramadhanti selaku beauty enthusiast asal Jakarta, di mana orang-orang biasanya tidak membaca secara menyeluruh sebuah produk serum untuk jenis kulit apa dan untuk permasalahan kulit yang seperti apa. "Orang terbiasa untuk asal membaca atau menonton review tanpa dipahami secara saksama kandungan dan manfaat di dalam sebuah serum. Padahal, penting banget untuk mengetahui basic skin care ingredients supaya kita nggak salah pilih serum dan nggak terpengaruh review orang lain. Lebih baik kita lakukan research terhadap produk tersebut lebih mendalam sebelum memutuskan untuk mencoba suatu serum maupun produk skin care lainnya," jelas Fidhia. Aspek penting lainnya ketika memilih serum tentunya adalah mengenali kebutuhan dan permasalahan kulit yang kita miliki. "Sebab, serum merupakan skin care yang daya serapnya ke kulit sangat intense, penting sekali untuk memilih serum yang sesuai skin concern dan juga jenis kulit kita.

Apalagi, jenis kandungan skin care itu banyak dan berbeda-beda. Jadi, harus diperhatikan dengan baik ketika memilih serum," ungkap Fidhia. Selain itu, waktu saat mengaplikasikan serum berpengaruh terhadap hasil serum yang kita gunakan di wajah. Melansir dari InstaNatural, menggunakan serum pada pagi dan malam akan memberikan hasil ekstra pada kulit, dengan memperhatikan beberapa kandungan di dalam serum. Misalnya, serum yang memiliki kandungan retinol dan glycolic acid disarankan digunakan pada malam dan diikuti dengan mengaplikasikan pelembap yang mengandung SPF saat pagi. Jadi, pastikan tetap memperhatikan kebutuhan kulitmu sebelum termakan godaan klaim yang diberikan sebuah produk serum ya, guys! (c12/mel)

HAL terpenting sebelum memilih serum adalah memastikan kandungan yang terdapat dalam serum cocok diaplikasikan untuk jenis dan permasalahan kulit yang kamu miliki. Memahami bahan-bahan yang ada dalam serum adalah langkah awal untuk menghindari salah pilih serum yang nantinya malah memberikan hasil yang kurang maksimal atau mengakibatkan breakout karena terdapat kandungan yang tidak cocok untuk kulit. Karena itu, Zetizen dan Fidhia Ayu Ramadhanti telah merangkum sedikit guide agar kamu bisa lebih bijak untuk memilih serum. (c12/mel)

Centella Asiatica

Centella asiatica atau daun pegagan ini memiliki kandungan yang bekerja dengan baik untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit berjerawat dan jenis kulit yang berminyak. Centella asiatica bisa jadi salah satu solusi untuk menghilangkan noda jerawat di wajah yang membandel serta menstimulasi kolagen pada wajah sehingga menunda penuaan dini.

Rekomendasi produk: Kleveru Glass Skin Overnight Serum, DrJart+ Cicapair

Niacinamide, Vitamin C, dan Alpha Arbutin

Tiga kandungan skin care ini bisa dibilang pakarnya dalam hal mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam dan kurang sehat. Berfungsi melembapkan kulit, serum yang mengandung kandungan niacinamide, vitamin C, dan alpha arbutin bekerja dengan baik untuk membentuk ceramide atau lapisan penghalang lemak untuk melembapkan kulit serta mengurangi tanda- tanda penuaan pada kulit.

Rekomendasi produk: Scarlett Whitening Brightly after Serum, Somethinc C-Rioulsy 24k Gold Essence.

Retinol

Punya masalah kulit kering yang rentan menimbulkan kerutan di wajah? serum dengan kandungan retinol bisa menjadi solusi untuk permasalahan kulit ini. Retinol menjaga produksi kolagen wajah yang dapat meminimalkan munculnya kerutan atau penuaan dini pada wajah. Selain itu, kandungan retinol bekerja maksimal untuk membantu proses regenerasi pada kulit.

Rekomendasi produk: For Skin Sake Retinol Serum, Herbivore Bekuchiol Retinol Alternative Smoothing Serum.

RELATED ARTICLES

Please read the following article