Are You a Zetizen?
Show Menu

Deep Cleansing, Teknik Viral yang Kontrovesial

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 30 Dec 2022
Deep Cleansing,  Teknik Viral yang Kontrovesial

Zetizen-Racun TikTok emang ampuh banget untuk menarik perhatian dan secara nggak sadar membuat kita melakukan hal-hal viral lainnya. Salah satu yang sempat ramai di dunia per-beauty-an TikTok adalah membersihkan wajah dengan teknik deep cleansing selama 15 menit. Teknik ini viral setelah salah satu pengguna TikTok berhasil mengeluarkan kotoran seperti komedo dengan jumlah yang bikin satisfying. Tapi, nyatanya teknik ini nggak bisa aplikasikan ke sembarang orang, loh!

Umumnya, kita pasti melakukan teknik double cleansing untuk membersihkan wajah kita dari bekas make-up atau kotoran lain selama beraktivitas. Tapi, beberapa waktu lalu, dr Yessi muncullah istilah deep cleansing yang rumornya dapat lebih mengangkat kotoran hanya dengan menggosok halus area wajah menggunakan produk cleanser selama 15 menit. Karena cukup viral, nggak sedikit warga TikTok yang penasaran dan ikut mencoba teknik deep cleansing. Salah satunya adalah Lydia Mulya. "Teknik ini aku pakai setelah menggunakan make-up yang tebal dalam jangka waktu panjang. Deep cleansing membuat wajahku lebih bersih dan lembut. Tapi, efek sampingnya adalah kemerahan. Jadi nggak direkomendasikan untuk dilakukan terlalu sering dan pakai cleansing product yang tepat juga, ya," ujar Lydia.

Tapi, nggak sedikit pula yang justru memiliki reaksi sebaliknya. Dinda Melati membagikan sebuah unggahan kondisi wajahnya setelah menggunakan teknik deep cleansing. "Aku punya banyak black head dan komedo. Setelah tau teknik ini di Tik Tok dan mencobanya, it's works! Komedo benar-benar keluar. Tapi, setelah beberapa kali coba, wajahku justru break out," ungkap pemilik akun TikTok @wakumidican ini. Dr Yessica Tania pun mengatakan bahwa teknik deep cleansing 15 menit tidak bisa digunakan untuk setiap orang. Terutama untuk mereka yang telah menggunakan bahan aktif exfoliant seperti AHA BHA dalam produk skin care-nya.

"Buat yang sudah pernah melakukan teknik exfoliant dan peeling, saya tidak menyarankan untuk menggunakan teknik deep cleansing setiap hari. Cukup pakai double cleansing setiap hari untuk menghapus make-up sebelum tidur. Membersihkannya pun jangan terlalu lama, cukup 30 detik sampai 1 menit saja," tutur dokter yang juga aktif berkonten di TikTok ini.

So, kamu harus berhati-hati karena nggak semua kulit dapat menerima tenik atau produk yang sama. Membersihkan wajah terlalu lama pun juga akan berpotensi mengganggu keseimbangan sel kulit wajah kita dan skin barrier atau pelindung wajah.

Produk cleanser-nya juga harus diperhatikan, ya. Sebab, itu akan berpengaruh pada hasilnya. Salah satu kesalahan terbesar teknik deep cleansing adalah menggunakan baby oil. Sementara itu, baby oil bukan merupakan produk cleanser. "Perlu diperhatikan untuk memilih produk cleansing. Pilih yang memang merupakan produk cleanser, tidak mengandung oil yang bisa menyumbat pori-pori dan pilih yang non-comedogenic dan hippo allergenic," ucap dokter yang akrab dipanggil dr Zie itu. So, jangan sampai keinginan merawat wajah justru berbalik menjadi sesuatu yang membahayakan, ya. (c20/lia)

Langkah Mudah Bersihkan Wajah di Rumah

Zetizen-Salah langkah sedikit, keinginan untuk mendapatkan kulit sehat bisa berakibat fatal karena cara membersihkan wajah kurang tepat. Supaya hasilnya pun maksimal, beberapa langkah jangan sampai terlewatkan. Kira- kira kamu sudah membersihkan wajah dengan benar belum? Begini caranya! (c20/lia)

Kenali Dulu Jenis Kulitmu

Karena akan mengaplikasikan sebuah bahan aktif ke dalam tubuh, ada baiknya kamu mengenal dulu jenis dan kebutuhan kulitmu. Jika kamu merasa kulit wajahmu sensitif, cari beberapa kandungan cleanser yang aman untuk digunakan tipe kulit ini. Penggunaan produk yang kurang tepat bisa menimbulkan reaksi alergi dan muncul breakout.

Aplikasikan Micellar Water atau Cleansing Oil

Double cleansing adalah teknik yang paling aman untuk digunakan setiap hari. Kandungan micellar water yang ringan sangat ampuh untuk menarik kotoran dalam sekejap. Kamu yang sering menggunakan produk yang mengandung oil lebih baik memakai cleanser berbahan oil juga agar mengangkat kotoran lebih maksimal. Jangan lupa pilih yang comedogenic, ya!

Bersihkan dengan Face Wash

Selanjutnya, gunakan face wash untuk mengangkat sisa kotoran yang masih ada. Gunakan gerakan memutar dan memijat dengan lembut ke seluruh bagian wajah. Eits, jangan terlalu lama meng- aplikasikannya ya karena merusak skin barrier-mu. Bilas dengan menggunakan air bersuhu ruangan. Jangan terlalu hangat dan dingin..

Jangan Lupa Exfoliating

Fungsi exfoliating adalah mengangkat sel kulit mati yang kurang bisa maksimal hanya dengan membersihkannya. Salah satunya, bisa menggunakan toner, serum, atau scrub. Pilih produk exfoliating yang kadarnya aman dipakai secara mandiri di rumah dan sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

Hidrasi Kulit dengan Toner

Terakhir, untuk menyegarkan wajah, kamu bisa langsung mengaplikasikan toner. Fungsinya pun beragam. Selain bisa untuk mengecilkan pori-pori, menghidrasi wajah dengan toner akan menyiapkan kulitmu untuk bisa menyerap produk Skin Care dengan baik.

RELATED ARTICLES

Please read the following article