Are You a Zetizen?
Show Menu

Let’s Try Some Food Trends

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 01 Feb 2023
Let’s Try  Some Food  Trends

Zetizen-Tiktok emang nggak pernah gagal dalam menghadirkan tren makanan baru yang unik. Menariknya, bahan yang digunakan sederhana dan cara bikinnya tergolong mudah. Resep yang bisa kamu coba juga bukan cuma satu lho. Sebab, ada banyak food enthusiast yang nggak mau ketinggalan untuk mencoba membuat makanan yang sama. Nih, Zetizen udah merangkum beberapa menu makanan yang lagi ngetren di TikTok untuk bisa kamu buat di rumah. Mari kita coba! (arm/c14/lai)

Terong crispy

Terong memiliki Gimmari banyak manfaat karena mengandung nutrisi seperti serat, vitamin C, kalium, dan vitamin B6. Kalau biasanya terong dimasak basah, tren TikTok menawarkan olahan yang berbeda berupa terong crispy mekar. Cara bikinnya supermudah! Potong terong menjadi beberapa bagian. Tiap potongan dibelah tipis-tipis dari atas ke bawah, tapi jangan sampai putus ya! Rendam di air garam selama lima menit. Lalu, balur terong dengan tepung bumbu dan goreng dengan api kecil. Jadilah terong crispy yang rasanya mirip kentang goreng.

Gimmary

Hidangan satu ini merupakan gorengan khas Korea yang biasanya dimakan bareng tteokbokki dan rapokki. Sekilas sih mirip risoles. Kalau risoles punya kulit berlapis panir dengan isian sayuran, gimmari berisi bihun yang digulung dengan nori. Untuk membuatnya, rebus bihun terlebih dahulu. Lalu, campurkan bihun, wortel, kucai, kecap asin, minyak wijen, dan garam. Isi nori dengan bihun dan gulung seperti sushi. Sebelum digoreng, balur gimmari yang telah dibungkus dengan tepung maizena. Mudah, bukan?

Gulali Jadul

merupakan jajanan tradisional masa kanak-kanak yang populer pada era 90-an. Nggak heran kalau menyantap gulali bikin kita bernostalgia sama momen masa kecil. Sayangnya, udah jarang yang jual makanan manis ini. Eittss, kamu tetap bisa bikin sendiri di rumah lho! Cukup lelehkan gula pasir dengan air, lalu tambahkan perasan lemon dan pewarna makanan. Kalau udah mengental, letakkan adonan gulali di kulkas selama satu jam. Voila!

Seaweed Tofu

Makanan khas Jepang ini cocok banget disantap sama nasi. Rasanya asin dan manis dipadu dengan gurihnya nori dan daun bawang. Pertama, siapkan tahu telur sutra, kemudian gulung dengan nori. Lalu, potong menjadi beberapa bagian dan balur dengan tepung maizena. Goreng tahu sampai kecokelatan. Dalam wajan bersih, tumis bawang putih, daun bawang, saus tiram, kecap asin, gula, dan air secukupnya. Biarkan sampai mendidih dan sesuaikan rasanya dengan seleramu. Tuang saus di atas tahu goreng dan taburi dengan wijen. Seaweed Tofu ready to served!

Camilan Unik dari Tanah Liat

INDONESIA dikenal kaya kuliner. Yang paling unik adalah ampo, makanan anti-mainstream dari Tuban, Jawa Timur. makanan tradisional itu terbuat dari tanah liat yang bertekstur lembut serta bebas dari pasir, kerikil, dan batu. Di Tuban, ampo berbentuk gulungan panjang dan ramping. Saat dimakan, ampo menghadirkan perpaduan gurih, renyah, sepat, dan sedikit pahit.

Awal mula kebiasaan makan ampo dikenalkan masyarakat Trowulan. Masa penjajahan Belanda menjadikan Tuban sebagai daerah yang kondisinya sangat sulit. Akibat sistem tanam paksa, masyarakat hidup dalam garis kemiskinan, kesulitan pangan, dan kelaparan. Keadaan itu membuat masyarakat mencari cara lain agar dapat bertahan hidup. Dari situ, terciptalah ampo yang terbuat dari endapan lumpur di tepi Bengawan Solo.

Tanah untuk bahan pembuatan ampo harus dipilih dengan cermat. Sebab, tanah yang digunakan harus bersih dan nggak terkontaminasi kotoran hewan yang bisa aja mengandung telur parasit. Tanah tersebut kemudian dicampur air hingga bertekstur kalis dan nggak lengket di tangan. Selanjutnya, adonan dibentuk menjadi kotak dengan menggunakan palu kayu. Jika sudah, proses berikutnya adalah menyerut tanah dari bagian atas dengan menggunakan bilah pisau bambu.

Masyarakat Tuban meyakini ampo bisa menguatkan sistem pencernaan dan mendinginkan perut. Penelitian yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang menunjukkan bahwa ampo mengandung kalsium (Ca), kalium (K), dan seng (Zn). Namun, kandungan tiga mineral itu belum mencapai standar baku mineral. Gimana, tertarik cobain ampo? (arm/c14/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article