Are You a Zetizen?
Show Menu

Safety First, have Fun Then

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 02 Feb 2023
Safety First, have Fun Then

Zetizen - Road trip bareng keluarga, bestie, atau orang terkasih memang menyenangkan. Eitss, kamu perlu berhati-hati kalau memilih berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun terasa nyaman dan fleksibel, itu bakal sangat melelahkan. Nah, agar tetap aman saat berkendara, yuk simak tips berikut! (elv/c12/lai)

Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Kondisi tubuh kamu penting banget, lho! Kalau kamu sedang nggak sehat, perjalanan akan terasa nggak nyaman. Sebelum road trip, ada baiknya konsumsi makanan sehat, air putih, dan vitamin C agar badan lebih fit. Pastikan juga tidur yang cukup, ya. Kalau di tengah perjalanan kamu merasa nggak enak badan, menepilah terlebih dahulu untuk beristirahat. Safety first!

Kenali Kendaraanmu

Pastikan untuk selalu cek kendaraan sebelum bepergian. Biar nggak lupa, kamu bisa menerapkan metode BALOK (body, air, listrik, oli, karet, dan kertas). Mulailah mengelilingi kendaraan untuk mengecek apakah ada bagian yang terlepas. Lalu, cek komponen yang berhubungan dengan air seperti air radiator, wiper, dan aki. Pada bagian listrik, cek soket, sekring, dan penyambung kepala aki. Pastikan juga oli mampu melumasi secara maksimal. Terakhir, cek kelengkapan ban, karet wiper, serta surat penting seperti SIM dan STNK.

Perhatikan Hal Esensial

Sebelum menyetir, atur posisi mengemudi yang membuat kamu nyaman. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman! Agar dapat terus terjaga, kamu bisa menyiapkan playlist lagu atau mengobrol santai bersama teman. Untuk pengendara motor, helm adalah hal wajib yang harus dikenakan. Mau itu model full face atau half face, yang terpenting berlabel SNI. Oh, ya! Menyimpan nomor darurat seperti 110 dan 113 akan membantu kamu ketika berada di situasi darurat.

Tahu Kapan Harus Berhenti

Jika kamu merasa lelah, lebih baik kamu berhenti terlebih dahulu di rest area untuk beristirahat. Jika pergi ke tempat baru, kamu bisa cari tahu letak rest area sebelum melakukan perjalanan. Hal itu juga berlaku jika kamu ingin menggunakan ponsel, menepi terlebih dahulu, baru menggunakan ponsel, biar konsentrasimu nggak terganggu.

Lebih Hati-Hati saat Hujan

Memasuki musim hujan, pengendara harus lebih berhati[1]hati. Selalu siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti jas hujan dan sepatu antiair. Pemilihan modelnya pun berpengaruh, pilihlah jas hujan yang two piece biar nggak mengganggu gerak tubuhmu. Kalau visor helm biasanya mengembun, kamu bisa buka sedikit visornya atau menggunakan antifog. Jangan mengebut, ya! Sebab, jalanan akan licin kena air hujan.

RELATED ARTICLES

Please read the following article