Are You a Zetizen?
Show Menu

Vietnam Spring Roll

Narendra Mg Narendra Mg 31 Jan 2023
Vietnam Spring Roll

Fresh and Tasty with Healthy Food

 Zetizen-Menurut The Dictionary of American Food and Drink, salad merupakan makanan berupa sayur-sayuran yang disiram dengan saus atau bumbu lain. Seiring berjalannya waktu, penyajian dan isi salad semakin berkembang. Salah satunya adalah Vietnam Spring Roll. Bukan hanya sebagai pengganjal perut, Vietnam Spring Roll juga punya banyak manfaat untuk tubuh, lho. Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Vietnam Spring Roll berikut! (arm/c12/lai)

Dibungkus dengan Kulit Transparan

 Tampak serupa dengan lumpia, Vietnam Spring Roll memiliki kulit pembungkus yang lebih bening dan berkilat. Kulit tersebut merupakan olahan dari tepung beras yang biasa disebut dengan rice paper. Kulit transparan membuat warna sayuran yang segar nan mencolok terlihat sehingga mengundang perhatian. Lembaran tipis dan kandungan kalori yang rendah menjadikan rice paper cocok untuk menu diet yang mengenyangkan tanpa membuatmu merasa mengantuk.

Sajian Musim Semi sejak Dinasti Jin

 Di Vietnam, hidangan pembuka yang sangat populer ini disebut dengan gỏi Cuô Sesuai dengan namanya, spring roll biasa disajikan pada hari pertama di musim semi sejak masa Dinasti Jin (265-420 SM) yang pada saat itu berkuasa atas wilayah Vietnam Utara. Pada awalnya, spring roll berbentuk seperti kue sehingga disebut dengan spring cake. Kemudian, berubah bentuk menjadi lebih kecil dan digulung, rasanya juga telah dimodifikasi sesuai selera masyarakat Vietnam.

 

 Cuci bersih seluruh sayuran yang akan digunakan. Kupas kulit dan buang biji timunnya, lalu potong dengan bentuk memanjang. Lakukan hal yang sama pada setiap sayuran.

 Rebus udang dan crabstick serta kukus smoke beef sebagai tambahan protein dalam sajian Vietnam Spring Roll.

 Rebus sohun atau rendam dalam air panas selama 5–15 menit sampai melunak.

 Rendam rice paper selama 3–5 detik dalam piring yang berisi air hangat. Susun isi, mulai selada, sohun, wortel, mentimun, hingga proteinnya (udang/crabstick/smoke beef), di atas rice paper dan gulung seperti membungkus lumpia.

 Buat saus kacang dengan menumis bawang putih. Kemudian, masukkan semua bahan dan aduk sampai mengental. Vietnam Spring Roll siap disajikan. (arm/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article