Are You a Zetizen?
Show Menu

Si Kembung Penuh Keju

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 02 Jan 2023
Si Kembung Penuh Keju

Zetizen-Setelah kopi dalgona meramaikan masa stay at home kita selama pandemi Covid-19, saat ini garlic cheese bread asal Korea yang digandrungi. Sebenarnya, roti ini ramai dibicarakan sejak tahun lalu di Korea Selatan. Thanks to social media, masyarakat Indonesia ternyata juga suka! Apa sih yang perlu kita tahu tentang Korean garlic cheese bread ini? (c20/rat)

Ternyata Snack Kaki Lima

Nggak cuma toppoki, ternyata garlic cheese bread ini juga merupakan jajanan kaki lima. Bukan, bukan jenis roti baru kok. Roti ini sebenarnya ada sejak lama, tepatnya di Kota Gangneung, Provinsi Gangwon. Dari sana, roti ini dibawa ke pusat kuliner Gangnam, area yang ramai dan hype banget. Karena itu, Korean garlic cheese bread akhirnya viral pada awal 2020 dan masuk Indonesia pada Juni lalu.

Selain karena viral di media sosial, saat ini masyarakat Indonesia semakin doyan nonton drama Korea. Ya jelas kalau roti ini sama seperti kopi dalgona, bisa dengan mudah diterima dan laris manis. Wah, hallyu wave hits again? Sebagai jajanan kaki lima, Korean garlic cheese bread sering dijumpai di sekitar Stasiun Gangnam, Seoul. Harganya dibanderol KRW 3.900 atau sekitar Rp 48 ribu. Sementara itu, di Indonesia roti ini dijual dengan harga Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu. Cukup terjangkau ya!

Bukan Garlic bread ala Eropa

Kita sudah familier dengan Garlic bread ala Eropa sebagai appetizer "wajib" di sebuah restoran pizza. Tetapi, jangan salah! Korean garlic cheese bread ini berbentuk bundar seperti bun dan bagian atasnya dibelah empat sampai delapan bagian. Sebab, bagian dalam rotinya akan diisi cream cheese. Alhasil, teksturnya beda banget!

Garlic bread ala Eropa cenderung kering dan berbentuk pipih. Yang versi Korea ini sangat lembut dan moist. Teksturnya juga lebih padat sehingga bisa bikin kenyang. Belum lagi bagian dalamnya diisi banyak keju serta bisa dicampur daging dan varian lain. Best served saat panas dan baru keluar dari oven saat musim dingin. Sebab, rasa gurih dan aromanya akan terasa paling maksimal! Untung di sini harganya affordable ya!

Gampang Dibuat di Rumah

Meski Garlic bread nggak biasa dibikin sendiri di rumah, ternyata gampang banget membuat Korean garlic cheese bread. Alhasil, banyak orang yang mencoba menjualnya secara online dan laris manis! Karena itu, kalau kamu sering menghabiskan waktu di rumah, coba aja bikin Korean garlic cheese bread sendiri. Yuk, cek resepnya di zetizen.jawapos.com!

Oh iya, meski pada dasarnya roti ini sama seperti roti bawang putih lain, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Pertama, bagian atas Korean garlic cheese bread harus dibelah menjadi beberapa bagian dan bentuknya harus menggembung. Lalu, kalau Garlic bread biasa hanya perlu diolesi mentega beberapa kali di bagian atasnya, Korean garlic cheese bread harus dicelupkan ke baskom berisi mentega cair dan bawang putih. Yup, itulah yang membuat rasa gurih dan aromanya khas banget!

Street food Korea yang Nggak Kalah Hit

Zetizen-Kalau ngomongin makanan kaki lima di Korea Selatan, sebenarnya banyak yang enak dan sering disebut dalam drama. Apa aja sih street food Korea Selatan yang hit dan wajib dicoba selain Korean garlic cheese bread? (c20/rat)

Tteokbokki

Kue beras ini sering banget disebut dalam drama Korea. Alhasil, kita pun sangat familier. Biasanya, tteokbokki disajikan langsung saat panas dan orang-orang berdiri sambil. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang pedas manis bikin kita nggak bisa berhenti mengunyah sambil ngobrol! Hehe.

Bungeoppang

Sama seperti tteokbokki, makanan ini sering diperlihatkan dalam drama Korea. Kue berbentuk ikan ini paling banyak dikonsumsi anak-anak karena bentuknya lucu. Selain itu, isi kacang merahnya cukup manis. Melambangkan keberuntungan, saat ini juga ada bungeoppang yang berisi es krim dan rasa-rasa favorit lain.

Hweori Gamja

Makanan yang satu ini juga sudah banyak dijumpai sebagai snack jalanan di Indonesia. Kalau ada bazar, pasti ada yang jual hweori gamja atau yang lebih dikenal sebagai kentang tornado. "Oalaaaah.." lya, guys. Kentang tornado itu berasal dari Korea Selatan. Pencinta kentang wajib coba nih!

Gimbap

 

Nggak punya waktu buat makan? Orang Korea biasanya mengganjal perut pakai gimbap. Meski tampilannya mirip sushi, rasanya berbeda loh! Kalau nasi pada sushi dicampur vinegar, nasi pada gimbap dicampur sesame oil dan rasanya cenderung manis. Gimbap banyak dijual di minimarket juga loh.

RELATED ARTICLES

Please read the following article