Are You a Zetizen?
Show Menu

Lebih Sehat dengan Makanan Kekinian

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 04 Jan 2020
Lebih Sehat dengan Makanan Kekinian

Zetizen-Kata siapa kalau mau lebih sehat harus makan yang itu-itu aja? Zaman sekarang kamu tetap bisa menikmati olahan kekinian tanpa harus khawatir dengan kesehatanmu. Caranya gampang banget, cuman mengganti bahan[1]bahannya dengan yang lebih alami dan tentu jauh lebih sehat.

’’Tren ini udah ramai di beberapa negara. Tapi, di Indonesia, di food stall kayak gitu masih jarang. Ada, tapi mungkin hanya di restoran tertentu dan belum di semua daerah,’’ ujar food enthusiast Hana Yushofi.

Contohnya, beberapa tempat yang menyajikan dessert bowl udah nggak menggunakan susu, melainkan santan. ’’Mungkin orang-orang juga kaget karena pandangannya santan itu mengandung banyak kolesterol. Tapi, dari beberapa artikel yang aku baca, santan alami itu justru nggak punya kandungan kolesterol. Kalau ada pun, sedikit sekali. Jadi, jauh lebih sehat,’’ jelas Hana.

Bukan hanya yang sederhana. Hal itu juga berlaku untuk makanan yang diolah loh. Mulai pizza, daging burger, hingga minuman kekinian seperti boba. Manfaatnya tentu nggak hanya dirasakan kamu yang suka makanan atau minuman tersebut, tapi juga orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Menurut Hana, ada beberapa orang yang memiliki tingkat sensitivitas khusus terhadap makanan. ’’Misalnya aja, teman[1]teman yang alergi dengan gluten nggak bisa makan makanan yang diolah dari tepung terigu. Sebab, kebanyakan tepung terigu masih mengandung gluten. Jadinya, dengan adanya bahan pengganti ini, mereka tetap bisa makanan pada umumnya dengan versi lebih sehat,’’ tutur Hana.

Oh ya, karena belum banyak tempat yang menyediakan makanan sejenis ini, kamu bisa coba mengolahnya ya. Caranya gampang kok. ’’Untuk bahan apa aja yang bisa diganti dan cara mengolahnya, bisa cari-cari sendiri kok. Tapi, kebanyakan cara mengolahnya juga mudah dan nggak ribet,’’ kata Hana.

Gimana? Hidup sehat ternyata nggak harus tersiksa kan? Seperti kata bijak, ’’Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.’’ Sekarang kamu bisa tetap nyaman makan tanpa khawatir. Tertarik mencoba? Jangan lupa bagi-bagi resep hasil masakanmu ke Zetizen ya! (c14/fik)

Apa Aja Yang Diganti?

Zetizen-Penasaran kan kira-kira apa aja makanan dan minuman yang bisa dibuat lebih sehat? Berikut ada beberapa rekomendasi bahan pengganti yang lebih sehat dari Hana Yushofi yang bisa kamu gunakan! (c14/fik)

Boba dengan Santan

Siapa yang belum pernah minum boba? Kayaknya, minuman boba hampir jadi idola sepanjang tahun kemarin. Kira-kira kamu tahu nggak sih kandungan apa aja di dalam boba? Yap, susu! Susu emang sehat kok. Tapi, kalau susu diminum secara berlebihan, pasti ada bahayanya juga loh.

Kamu bisa ganti susu dengan santan loh. Cara itu juga bisa kamu gunakan untuk kamu yang vegetarian. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa santan alami sangat sedikit mengandung kolesterol, bahkan hampir nggak ada. Pastinya jauh lebih sehat dong! Soal rasa? Nggak jauh beda kok. Kamu harus coba nih!

Pizza Kembang Kol

Eits, ini bukan pizza dengan topping kembang kol. Melainkan pizza yang dibuat dari kembang kol. Kok bisa? Tentu bisa dong. Jadi, kembang kol ini lebih dulu diolah. Mulai dihaluskan, dimasak dalam oven, hingga nanti bentuknya menyerupai tepung. Kembang kol yang seperti tepung ini nanti diolah sebagai adonan pizza.

Salah satu manfaatnya, kembang kol ini nggak mengandung gluten. Jadi, untuk kamu yang nggak bisa mengonsumsi gluten, olahan itu cocok banget buat dicoba. Selain itu, kamu bisa mengganti topping pizza dengan bahan-bahan lain yang lebih sehat. Semuanya bergantung seleramu.

Isian Daging Buatan

Ada beberapa orang yang nggak bisa mengonsumsi daging, baik karena sakit maupun emang memilih untuk jadi vegetarian. Tapi, sekarang kamu nggak perlu khawatir. Kamu tetap bisa merasakan sensasi daging meski itu bukan daging. Misalnya aja, king oyster mushrooms. Tekstur jamur yang satu itu mirip banget daging ayam, tapi sedikit lebih berair

Agar rasanya makin mirip daging ayam, kamu bisa goreng sebentar jamur tersebut dengan minyak yang sehat. Misalnya, olive oil. Tujuannya adalah kandungan airnya berkurang dan teksturnya pun makin mirip daging ayam.

RELATED ARTICLES

Please read the following article