Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Festival Musim Dingin Paling Spektakuler di Dunia

Fahri Syadia Fahri Syadia 04 Dec 2016
4 Festival Musim Dingin Paling Spektakuler di Dunia

Zetizen.com - Winter is coming! Kita di Indonesia mungkin belum bisa merasakan yang namanya musim salju secara langsung. Tapi di belahan Bumi utara, memasuki bulan Desember ini bakal ada winter festival atau festival musim dingin unik yang menarik turis dari seluruh dunia. Boleh lah dimasukin bucket list nih 4 festival berikut! 

 

Up Helly Festival (29 Jan)

Credit: Shetland

Ada yang tahu bangsa Viking, bangsa penjelajah lautan yang terkenal sama kekuatan berperangnya pada abad pertengahan dulu? Sekarang kita bisa melihat bangsa Viking nggak cuma dalam film loh.. tapi malahan bisa lihat langsung di Up Helly Festival, yang diselenggarakan di Pulau Shetland, Skotlandia yang warganya emang keturunan dari bangsa Viking. Acara yang juga dikenal sebagai ‘Viking Fire Festival’ ini intinya emang semacam parade bangsa Viking. Beragam atribut khas Viking, mulai dari kostum perang, kapak, jenggot yang panjang, serta tak ketinggalan kapal longboat yang bisa menyemburkan api nggak absen di festival Up Helly. Wah, lumayan yaa sekalian bikin hangat pesertanya..

 

 

Venice Winter Carnival (11 Feb -28 Feb)

Credit: Traveler Today

Siapa yang nggak silau sama pesona Venice, kota ikonik Italia yang terkenal sama kanal-kanal air dan gondolanya sebagai transportasi utama. Ternyata, waktu musim salju Venice juga punya acara terkenal loh, yaitu Venice Carnival yang diselenggarakan tiap winter. Konon, acara ini udah berumur ribuan tahun karena udah ada sejak abad ke-11 dulu!

Salah satu yang paling spesial dari Venice Carnival ini adalah pesta topengnya. Yap, Italia emang terkenal sebagai negeri para mask-maker terbaik. Nah di zaman sekarang, Venice Winter Festival lah tempat mereka mamerin karyanya. Topeng itu pun dilengkapi sama kostum-kostum yang beragam pula.

 

 

Sapporo Snow Fest (6 Feb-12 Feb)

Credit: Kiwi Kid News

Meski dijuluki Negeri Matahari Terbit, ternyata Jepang juga bisa memukau saat matahari nggak bersinar sekali pun. Pasalnya negeri ini punya salah satu festival musim salju keren yaitu Sapporo Snow Fest. Diadakan di Sapporo, Pulau Hokkaido, Sapporo Snow Fest ini disebut-sebut sebagai salah satu winter festival terbesar Asia. Berbeda sama winter festival di Eropa yang rata-rata menampilkan budaya, Sapporo Snow Fest ini lebih memainkan atribut olahan salju kayak bangunan atau patung-patung raksasa dari salju. Dalam festival ini juga disiapkan banyak wahana seperti prosotan salju. Jadi pengunjung nggak akan cuma ‘waaah’ sama pemandangannya, tapi juga bisa bermain dan mendapat experience langsung. Cool!

 

 

Mardi Gras New Orleans (28 Februari)

Credit: Mapquest

Tentang bikin event-event prestisius, kapan sih Amerika nggak ikutan? Begitu pun terkait winter festival ini. Yap, negeri paman Sam punya festival yang nggak kalah kerennya, yaitu Mardi Gras yang diselenggarakan di New Orleans. Saking kerennya, penulis terkenal kayak Mark Twain pernah bilang “Orang Amerika belum mengenal Amerika kalau belum menyaksikan Mardi Gras!" Tiap tahun puncak perayaan Mardi Gras diadakan pada hari selasa, sehingga dapat julukan The Fat Tuesday. Kata fat (gendut) itu merujuk sama sifat festival itu yang besar dan jor-joran, karena mulai dari parade kostum, atraksi, musik, hingga pesta makanan. Satu pesan kalau kamu mau datang ke Mardi Gras, berdandanlah se-eksentrik mungkin!

 

 

Source: IBtimes, Travel Away

Editor: Wika

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article