Are You a Zetizen?
Show Menu

Staycation: Menjadi Turis di Kota Sendiri

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 05 Dec 2022
Staycation: Menjadi Turis di Kota Sendiri

Nggak ada peraturan bahwa traveling harus ke tempat yang jauh, guys. Selama kamu bikin perencanaan yang matang, jadi turis di dalam negara atau kota sendiri adalah ide yang menarik buat dicoba. staycation istilahnya. Apa sih staycation? Simak perjalanan Zetizen, yuk! (c20/efn)

Tren staycation ini bermula dari Amerika Serikat pada 2013, kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga sekarang dan diperkiraan bakal jadi tren traveling lagi tahun ini. Zetizen tentu saja nggak mau ketinggalan dong. Memangnya apa sih yang bikin staycation menarik?

Menurut Adam & Susan, pasangan traveler pemilik akun @pergidulu, staycation asyik karena nggak memerlukan periode yang lama dan bisa dilakuin kapan saja, terutama kalau kamu sedang jenuh.

Sementara itu, staycation adalah gabungan dari kata ’’stay’’ (tetap) dan ’’vacation’’ (liburan). Singkatnya ya, berlibur atau berwisata di daerah sendiri. Jadi, buat kamu yang kesulitan mencari waktu khusus buat jalan-jalan atau nggak pengin mengeluarkan ongkos perjalanan yang berlebihan, jenis liburan ini bisa jadi opsi utama kamu.

Akhirnya, Zetizen memutuskan staycation di kota yang menjadi markas besarnya, yakni Surabaya. Berbekal informasi dari internet serta rekomendasi followers, Zetizen mulai menjadi turis di kota sendiri.

Setelah Zetizen telusuri, Kota Pahlawan ternyata punya berbagai macam tempat yang unik, menarik, bahkan bernilai sejarah untuk dipilih sebagai destinasi wisata. Mulai Jembatan Merah yang kental dengan cerita-cerita heroik perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajahan, bangunan-bangunan tua bercorak Hindia Belanda di sekitar Jalan Tunjungan, hingga wisata alam yang masih asri di area Ekowisata Mangrove Wonorejo. Banyak tempat lain yang sebelumnya nggak diketahui Zetizen.

Selain buat refreshing, staycation bikin kamu lebih mengenal kota atau daerah sendiri, loh. Sejarahnya, maknanya, dan mungkin fakta-fakta unik di balik penamaan suatu tempat atau jalan. Sesuatu yang mungkin nggak bisa kamu dapetin dari cuma berselancar di dunia maya.

Menjadi turis di kota sendiri nyatanya menyenangkan karena nggak begitu mengikat waktu. Kita juga bisa tahu potensi apa saja yang dimiliki kota kita. Selain itu, kita bisa dapetin banyak pengetahuan soal seluk-beluk kampung halaman. Hal tersebut secara nggak langsung bakal bikin kita lebih cinta sama tanah kelahiran. Karena itu, nggak perlu ragu lagi buat jalan-jalan di kota sendiri.

Meski terkesan sederhana, staycation juga butuh persiapan, loh. Tapi, tenang saja, pasangan traveler Adam & Susan sudah berbagi tip buat kamu yang pengin nyobain tren ini, kok. Catat baik-baik, ya! (c20/efn)

EFISIENSI ADALAH KUNCI

Kamu nggak harus datengin seluruh tempat wisata di kotamu dalam sehari penuh. Kamu harus pandai-pandai mengatur waktu dan perencanaan. ’’Cari destinasi yang tidak terlalu jauh dan yang penting tidak terlalu ribet persiapannya. Secara waktu juga singkat,” ujar Susan.

COBALAH AKTIVITAS BARU

Kebiasaan yang monoton sering jadi pemicu utama rasa jenuh. Nggak ada salahnya kalau kamu nyobain hal-hal baru atau mengunjungi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. ’’Cari spot glamping yang mudah dijangkau dan menginap di hotel atau resort yang atmosfernya santai,’’ saran Adam dan Susan.

SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN

Kalau kamu pengin lari dari kesibukan rutinitas yang serbakeras, mungkin coba pilih tempat dengan suasana yang tenang dan udara sejuk. ’’Karena kami tinggal di Bandung, kami kadang memilih staycation di pinggiran kota Bandung. Beberapa spot yang paling berkesan buat kami, antara lain, Caringin Tilu, Lembang, dan Dago Atas,’’ jelas pasangan tersebut.

RELATED ARTICLES

Please read the following article