Are You a Zetizen?
Show Menu

Aligot si Lumer yang Bikin Nagih!

Amanda Bestari Amanda Bestari 09 Mar 2017
Aligot si Lumer yang Bikin Nagih!

Zetizen.com - Belakangan ini, ada makanan bernama Aligot yang cukup viral di media sosial, khususnya Instagram. Yap, dish asal Perancis ini merupakan campuran dari melted cheese dan mashed potatoes. Walaupun bentuknya hampir menyerupai mozarella, aligot ini ini rasanya lebih yummy. Well, sebenarnya apa sih aligot itu?

Sekilas tampilan aligot ini memang mirip keju mozarella. Tapi kalau kamu lihat lebih detil, aligot punya tekstur yang lebih lumer dan lembut. Teksturnya yang melted dan creamy berbeda dengan keju mozzarella pada umumnya. Selain keju mozzarella, bahan aligot juga ditambah dengan kentang, sedikit cream, dan bawang putih. That's why, cita rasa yang dihasilkan lebih lembut dan gurih. Nggak hanya asin dan tawar seperti keju mozzarella dan keju pada umumnya. 

 

Pembuatan Aligot khas Perancis (foto: aveyron.com)

Aligot pertama kali dikenalkan di Perancis. Pada awalnya aligot menjadi hidangan tradisional di Aubrac (Averyon, Cantal, Lozère, Midi Pyrenees) daerah bagian selatan Massif Central, Perancis. Cara pembuatannya juga cukup unik dan butuh tenaga ekstra! Cara mengaduk aligot agar benar-benar lembut ini harus dicambuk dan ditarik keatas lalu diaduk menggulung menggunakan spatula kayu diatas panci panas. 

FYI, kudapan ini dibuat oleh para pendeta yang sedang melakukan perjalanan keagamaan ke Santiago de Compostela.  Nggak lama, roti pun digantikan dengan kentang setelah hidangan ini masuk ke Perancis. Kini hidangan ini seringkali dinikmati pada pertemuan dan perayaan sebagai hidangan utama. 

 

Bikin laper penyajian sausage pake Aligot! (foto: sedaries.com)

Aligot ini biasanya disajikan bareng sosis dan daging panggang. Di Indonesia sendiri, aligot  biasanya cuma ada direstoran-restoran Perancis. Tenang, walaupun masih jarang di Indonesia, kamu bisa coba bikin sendiri, kok. Let's start cooking!

 

 

 

Editor: Fanny

RELATED ARTICLES

Please read the following article